Dikawal 10 Pengacara, AMBI Menyatakan Sikap Terbuka Terhadap Perbasi

By Putri Annisa Maharani - Jumat, 2 Juni 2023 | 00:15 WIB
Konferensi Pers yang digelar oleh Aliansi Masyarakat Peduli Bola Basket Indonesia (AMBI), di Kawasan MH. Thamrin, Jakarta, Kamis (01/06/2023). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM )

BOLASPORT.COM - Aliansi masyarakat peduli bola basket Indonesia (AMBI) menyampaikan sikap terbuka kepada Perbasi yang memperpanjang masa bakti Ketua Umum Danny Kosasih.

Pria yang bernama asli Kho Poo Thai itu diperpanjang masa jabatannya sebagai ketua umum tanpa melalui proses musyawarah nasional (Munas).

Hal tersebut membuat AMBI kemudian mendesak Perbasi untuk membatalkan keputusan kontroversial tersebut karena dinilai tidak seusai AD/ART Perbasi.

AMBI menilai perpanjangan masa jabatan tersebut melanggar statuta FIBA tahun 2021 pasal 9.7 yang mengatur tentang masa jabatan Ketua Umum Perbasi yang hanya selam empat tahun. 

Penggagas AMBI, Rakhmat Nopliardy mengungkapkan pihaknya sangat menyayangkan sikap Danny yang tidak seusai dengan peraturan FIBA.

"Tidak ada istilah perpanjangan masa jabatan, kalau mau perpanjangan masa jabatan melalui munas," ungkap pria yang pernah menjabat kepengurusan Perbasi periode 2015–2019 saat ditemui di kawasan Thamrin, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga: Rekap Thailand Open 2023 - 3 Ganda Putra Indonesia Masih Tak Terbendung

Kuasa hukum AMBI, Erick Herlangga berharap Perbasi ke depannya bisa segera mengambil langkah.

Erick menilai bahwa sikap tersebut bisa menjadi contoh buruk buat olahraga Indonesia.

"Segera dilakukan penunjukkan panitia pelaksana untuk Munas. Perbasi harus seusai dengan statuta FIBA," tambah pria yang juga pemilik klub Louvre Surabaya tersebut.