2 Pebulu Tangkis China Susul Chen Long Pensiun, Salah Satunya Juara Olimpiade

By Delia Mustikasari - Jumat, 2 Juni 2023 | 12:30 WIB
Pasangan ganda campuran China, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping, sukses merebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di Musashino Forest Plaza, Tokyo, Jumat (30/7/2021). (TWITTER.COM/TOISPORTS)

BOLASPORT.COM - Juara Olimpiade, Wang Yi Lyu dan peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia BWF 2019, Du Yue menambah jumlah pebulu tangkis China yang memutuskan gantung raket atau pensiun.

Sebelumnya, pengumuman pensiun Chen Long diumumkan di sela penyelenggaraan Sudirman Cup 2023, 19 Mei kemarin di Suzhou Olympic Sports Centre.

Selain itu, upacara perpisahan CBA tersebut juga diperuntukkan untuk pebulu tangkis Cina lainnya yang memutuskan pensiun dari timnas seperti Zhang Nan, Li Jun Hui, dan Liu Cheng.

Puncak karier Wang terjadi pada Agustus 2021, ketika dia dan Huang Dong Ping mengejutkan rekan senegaranya, Zheng Si Wei/ Huang Ya Qiong yang lebih difavoritkan meraih medali emas Olimpiade Tokyo.

Sebagaimana dikutip dari laman BWF, Wang Yi Lyu terakhir kali bertanding pada Indonesia Masters 2023 dan saat itu berpasangan dengan Du Yue pada nomor ganda campuran.

Namun, Wang/Du terhenti pada babak perempat final saat menjumpai rekan kompatriotnya, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin.

Capaian itu cukup berbeda dengan hasil yang diraih oleh mantan tandemnya, Huang Dong Ping.

Huang Dong Ping dan pasangannya Feng Yan Zhe berhasil melaju jauh hingga partai final dan keluar sebagai juara.

Sebelum Indonesia Masters 2023, Wang Yi Lyu masih dipasangkan dengan Huang Dong Ping.

Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu menorehkan catatan manis pada India Open 2023.