Performa Menurun Drastis, Tunggal Putra Andalan Malaysia Minta Dibiayai Latihan ke Luar Negeri

By Nestri Y - Jumat, 2 Juni 2023 | 15:20 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, pada Kejuaraan Asia 2022 di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina. (JERRY LEE DAN EMMAN FLAVIER/BADMINTON ASIA)

BOLASPORT.COM - Motivasi raja bulu tangkis Malaysia, Lee Zii Jia, minta suntikan dana ke pemerintah Malaysia ternyata bukan cuma untuk ikut turnamen, tetapi juga latihan di luar negeri. Sebuah permintaan mahal di saat performanya justru menukik tajam.

Sudah beralih jadi pemain independen tak lantas membuat Lee Zii Jia benar-benar 'mandiri' mengurus segala hal terkait partisipasinya di ajang turnamen.

Menjadi tumpuan tunggal putra Malaysia yang masuk jajaran atlet dalam program Road to Gold (RTG) menuju Olimpiade Paris 2024, membuat pemain yang kini turun ke peringkat 10 dunia itu mungki terlihat diistimewakan.

Berbeda dari tahun-tahun lalu ketika melihat para pemain independen, khususnya Malaysia yang sering curhat sulitnya mencari sponsor untuk ikut turnamen, Zii Jia kini justru makin dimanjakan.

Setelah mengadakan pertemuan dengan Chief de Mission (CdM) Malaysia untuk Paris 2024, Datuk Hamidin Mohd Amin, ternyata banyak hal yang ia minta.

Bukan sekadar dukungan secara moral, tetapi juga finansial.

Zii Jia tak sungkan mengungkapkan keinginannya untuk mendapat suntikan dana dari program RTG Malaysia demi mengikuti turnamen BWF World Tour.

Apalagi sekarang sudah dimulai periode kualifikasi Olimpiade Paris 2024, yang akan berakhir pada April 2023 nanti.

Melansir dari New Straits Times, bantuan dana yang diminta Zii Jia ternyata tak cuma soal partisipasi menuju turnamen ke turnamen lainnya.

Baca Juga: Thailand Open 2023 - Sabar/Reza Justru Tanpa Beban Saat Jumpa Bibit Unggul China