Daftar Peringkat Sementara Pebulu Tangkis Indonesia pada Race to Paris 2024 - Marcus/Kevin Ungguli Fajar/Rian

By Delia Mustikasari - Selasa, 6 Juni 2023 | 06:00 WIB
Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, memenangi perempat final Thailand Open 2023 di Indoor Arena Huamark, Bangkok, Thailand, 2 Juni 2023. (PBSI)

BOLASPORT.COM - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah membuka penghitungan poin kualifikasi Olimpiade Paris 2024 sejak 1 Mei 2023 dan akan ditutup pada 8 April 2024.

BWF telah memastikan total kuota bulu tangkis tetap berjumlah 172 tempat (86 putra dan 86 putri).

Jumlah tersebut meliputi dua tempat untuk negara tuan rumah dan empat tempat universalitas selain kuota regular sebanyak 166 tempat.

Setiap negara memiliki kuota maksimal delapan tempat masing-masing pada sektor putra dan putri.

Pada nomor tunggal putra dan putri, BWF memastikan masing-masing negara dapat memiliki kuota maksimum dua tempat.

Hal itu dapat terjadi jika pemain berada di posisi 16 besar dalam peringkat pengumpulan poin kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

"Setiap nomor tunggal harus memiliki setidaknya dua atlet dari masing-masing lima konfederasi kontinental, asalkan pemain tersebut berada di 250 teratas," ujar BWF dalam sebuah pernyataan dilansir dari Berita Harian.

Pada sektor ganda, setiap negara memiliki kuota maksimum sebanyak dua tempat.

Hal tersebut berlaku jika kedua pasangan berada di peringkat delapan besar pada periode kualifikasi dan harus ada setidaknya satu pasangan dari masing-masing lima konfederasi kontinental.

"Terkait kualifikasi di semua event, tidak ada National Olympic Committee (NOC) yang bisa mengualifikasikan atlet/pasangan di lebih dari dua event melalui sistem perwakilan benua," tulis BWF.