Klasemen MotoGP 2023 - Bagnaia Kukuh, Marquez Beda Tipis dari Pedrosa karena Terlalu Sering Jatuh

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 11 Juni 2023 | 21:06 WIB
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, memimpin rombongan pembalap saat start balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Toskana, Italia, 11 Juni 2023. (FILIPPO MONTEFORTE/AFP)

BOLASPORT.COM - Hasil balapan MotoGP Italia 2023 tidak mengubah posisi pemuncak klasemen yang masih dihuni pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia.

Hanya saja Bagnaia menambah keunggulannya di puncak klasemen MotoGP 2023 usai menang di balapan seri keenam MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Toskana, Italia, Minggu (11/6/2023).

Nuvolla Rossa mengemas 25 poin karena finis pertama di balapan hari Minggu plus 12 poin karena juga menang di lomba sprint pada hari Sabtu.

Baca Juga: Hasil MotoGP Italia 2023 - Bagnaia Sempurna di Kandang, Adik Rossi Gagal Manfaatkan Derita Marquez

Dominasi Bagnaia kian sahih karena saat kualifikasi dia sukses merebut pole position dengan memecahkan rekor lap tercepat MotoGP di Mugello.

Total 131 poin didapat Bagnaia. Pembalap bernomor 1 tersebut tampil kuat pada musim ini dengan mengemas 3 kemenangan lomba dan 3 kemenangan sprint.

Hanya rentetan hasil gagal finis yang menjegal Bagnaia. Namun, di balapan ini dia tampil hampir tanpa cela dengan memimpin lomba sejak lap pertama.

Bagnaia kini unggul 21 poin dari pesaing terdekatnya yaitu Marco Bezzecchi (Mooney VR46) yang meraih hasil kurang memuaskan.

Usai finis di posisi kedua saat sprint, rekan Bagnaia di Akademi Pembalap VR46 tersebut tertahan di kedelapan pada balapan utama.

Perubahan posisi terjadi di peringkat tiga klasemen sementara.