MotoGP Jerman 2023 - Oase bagi Marc Marquez di Tengah Risiko Kena Mental

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 14 Juni 2023 | 14:19 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, pada hari pertama seri balap MotoGP Italia 2023 di Sirkuit Mugello, Jumat (9/6/2023). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Seri balap ketujuh MotoGP Jerman 2023 menghadirkan harapan besar bagi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, untuk keluar dari periode sulit.

Marc Marquez berada dalam situasi yang tidak biasa ketika dia belum berhasil finis sekali pun dalam balapan grand prix sepanjang MotoGP 2023.

Bukan karena faktor cedera, kejatuhan juara dunia delapan kali tersebut lebih disebabkan oleh risiko yang diambil untuk membawa si kuda besi melampaui batas performa.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Jerman 2023 - Marc Marquez Ditunggu Seri Favorit, Tamatnya Lelucon Hattrick DNF?

Tidak bisa dimungkiri bahwa Honda RC213V tak segarang dulu.

Sebagaimana pabrikan Jepang lainnya yaitu Yamaha, Honda kini tersusul lesatan teknologi rival-rival mereka dari Eropa yang lebih luwes dalam pengembangan.

"Honda punya para pembalap dengan mentalitas pemenang," ujar Marquez, dilansir dari Crash.net.

"Jika Anda tak punya peluang untuk bersaing di depan, masalahnya adalah Anda akan lebih sering terjatuh karena mendorong motornya lebih jauh daripada rival untuk waktu lap yang bagus."

Total 15 poin Marquez di klasemen semuanya datang dari lomba sprint yang durasinya setengah dari lomba grand prix pada hari Minggu.

Saat MotoGP Prancis Si Semut dari Cervera sebenarnya hampir memutus catatan buruk ini dan bahkan mencetak podium.