Jangan Berharap Instan, Efek Pelatih Baru Paling Tidak Bisa Bawa Lee Zii Jia Kembali ke Jalur yang Benar

By Nestri Y - Sabtu, 1 Juli 2023 | 19:15 WIB
Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, saat beraksi di Sudirman Cup 2023, di Suzhou, China yang berlangsung pada 14-21 Mei 2023. (WANG ZHAO/AFP)

BOLASPORT.COM - Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, dikabarkan akan mengakhiri masa hiatusnya dan kembali pada turnamen Korea Open 2023 bersama pelatih baru, Wong Tat Meng.

Setelah menjalani masa rehat sejak menelan kekalahan early exit berturut-turut, raja bulu tangkis Negeri Jiran itu akhirnya akan kembali ke gelanggang turnamen BWF World Tour.

Lee Zii Jia sempat mengumumkan hiatus setelah kalah pada babak pertama Indonesia Open 2023.

Baca Juga: Kejuaraan Asia Junior 2023 - Thailand Pincang Usai Tunggal Putri Andalan Mundur Akibat Pingsan Saat Latihan

Keputusannya membulat setelah menyadari bahwa itu adalah kekalahan kesekian kalinya yang diderita Lee dalam menjalani turnamen pada tahun ini.

Dari 10 turnamen individu yang diikutinya, hanya dua yang memberikan hasil "mending" bagi Juara Asia satu kali tersebut.

Periode positif Lee hanya terjadi ketika mampu mencapai semifinal All England Open 2023 dan Swiss Open 2023 yang digelar secara beruntun.

Sedangkan di delapan turnamen lainnya, kiprah Lee selalu berakhir dengan cepat, entah itu di babak pertama atau babak kedua.

Kesulitan mengatur konsentrasi di lapangan dan strategi tampaknya menjadi kendala Lee karena bermain tanpa pelatih.

Sadar bahwa ia butuh sosok untuk mengatur program latihan dan pemilihan turnamen dengan tepat, Lee akhirnya memilih pelatih kawakan, Wong Tat Meng.