Situasi Marc Marquez Benar-benar Rumit dari Sudut Pandang Cedera dan Perusahaan

By Delia Mustikasari - Selasa, 4 Juli 2023 | 05:15 WIB
Manajer Tim Honda, Alberto Puig masih tak yakin dengan kesiapan Honda mengarungi MotoGP 2023 usai tes MotoGP Portugal (11-12 Maret). (MOTOGP)

BOLASPORT.COM - Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig, menjelaskan situasi rumit yang dialami Marc Marquez di tengah cedera dan penurunan performa motor Honda.

Sambil menekankan bahwa itu tidak terjadi dalam semalam, Alberto Puig mengatakan bahwa pandemi Covid-19 dan cedera lengan Marquez sebagai 'kebetulan' utama di balik keberuntungan MotoGP Honda yang 'menurun'.

Namun, dia menyoroti bahwa meski tim bermasalah yang sama telah melakukan, tim telah melakukan esuatu yang baik sebelum musim 2020.

Marquez memenangkan enam gelar juara dunia dan Honda selama periode yang sama.

"Saya pikir, jika Anda melihat kembali pada 2020, kami mengalami Covid dan cedera Marc. Sejak saat itu semua menurun," kata Puig dilansir BolaSport.com dari crash.

Sementara itu, komplikasi cedera Marquez sebagian disebabkan oleh upaya comeback awal, membuatnya absen hingga putaran ketiga musim berikutnya, pembatasan perjalanan akibat Covid mengganggu proses pengembangan HRC.

Tentu saja, pabrikan Eropa juga terpengaruh oleh praktik kerja dari rumah dan pandemi ini memakan korban manusia yang jauh lebih besar di Italia daripada Jepang.

Namun, Jepang jelas menghadapi rintangan geografis yang lebih besar selama daripada Eropa pada 2020 dan MotoGP 2021 yang hampir bebas terbang.

Meski demikian, rival Honda mampu mengatasinya dengan baik, Suzuki menjadi juara MotoGP pada 2020 (bersama Joan Mir) dan Yamaha pada 2021 (Fabio Quartararo).

"Situasi Marc benar-benar rumit dari sudut pandang pembalap dengan cederanya, tetapi juga dari sudut pandang perusahaan," aku Puig.