AVC Challenge Cup 2023 - Hernanda Zulfi Berharap Tim Voli Putra Indonesia Bisa Juara demi Lolos ke VNL

By Delia Mustikasari - Selasa, 4 Juli 2023 | 19:13 WIB
Atlet Timnas Putra Voli Indonesia, Hernanda Zulfi, yang ditemui di sela sela persiapan menuju AVC Challenge Cup 2023, di Sentul, kawasan Bogor, Selasa (04/07/2023). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM )

BOLASPORT.COM - Pebola voli putra Indonesia, Hernanda Zulfi, berharap Indonesia bisa menang pada AVC Challenge Cup 2023 putra yang akan digelar di Taiwan, 8-15 Juli mendatang.

Target tersebut dibidik agar lolos ke Volleyball Nations league 2024. Indonesia tergabung di Grup F bersama Srilanka dan Bahrain pada AVC Challenge Cup 2023.

AVC Challenge Cup merupakan turnamen kualifikasi untuk liga bola voli antar-negara yang memuat dua kasta kompetisi yaitu Challengers Cup dan Volleyball Nations League (VNL).

Jika menjadi juara AVC Challenge Cup, Indonesia berhak tampil pada FIVB Challengers Cup.

Adapun untuk lolos ke VNL, Merah Putih harus menjuarai FIVB Challengers Cup terlebih dahulu.

Tim voli putra Indonesia sudah kembali ke pelatnas sejak 7 Juni di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Alhamdulillah, persiapannya sangat baik ya walaupun waktunya sangat singkat 1 bulan, tetapi kami habis mengikuti SEA Games dan ada juga pemain lain bermain di AVC Cup. Jadi ya berkelanjutan saja begitu," kata Hernanda ditemui BolaSport.com di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/7/2023).

Nanda, sapaan akrab Hernanda Zulfi merupakan bagian dari tim yang merasakan hattrick medali emas SEA Games dan mengikuti AVC Cup 2023 bersama Jakarta Bhayangkara Presisi di Bahrain pada Mei lalu.

"Progress tim meningkat cukup baik dilihat dari prestasi dan pemain sudah cukup matang. Kami sudah bisa bersaing di tingkat Asia untuk lebih menunjukkan bahwa level kita sudah di Asia," ucap Hernanda.

Indonesia terakhir kali mengikuti kompetisi tingkat Asia yakni pada Asian Men's Volleyball Championship 2017 saat digelar di Gresik, Jawa Timur.