Erick Thohir: Belajar dari Jepang, Liga Indonesia Harus Jadi Nomor 1 di Asia Tenggara

By Beri Bagja - Selasa, 4 Juli 2023 | 19:25 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo (tengah) dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (tiga dari kiri) sedang berfoto bersama dengan jajaran Cerezo Osaka dan Asiana Soccer School dalam momen peresmian kerja sama kedua pihak di Jakarta (4/7/2023). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjadikan Jepang sebagai contoh bagaimana merancang proyek sepak bola yang terstruktur hingga menjadi kekuatan elite di Asia.

Erick Thohir menghadiri acara peresmian kerja sama Asiana Soccer School dengan klub elite Liga Jepang, Cerezo Osaka.

Penandatanganan MoU Asiana dengan pihak Osaka dilakukan di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Orang nomor satu di PSSI yang juga menjabat Menteri BUMN tersebut mengapresiasi langkah kedua pihak untuk mengembangkan sepak bola akar rumput (grassroots).

Menurut Erick, grassroots ialah fondasi penting guna membangun kekuatan sepak bola.

"Saya ucapkan selamat kepada Asiana yang konsisten membangun sepak bola Indonesia dari grassroots dan mendapatkan partner Osaka yang bisa terus meningkatkan generasi muda di kedua negara," ucapnya.

Baca Juga: Erick Thohir Persilakan Klub Liga 1 Pakai JIS, Persija Berminat?

Erick berharap dengan membangun sepak bola level akademi, Indonesia dapat mencontoh kemajuan Jepang.

"Membangun sesuatu secara kontinu itu butuh waktu dan struktur yang panjang. Contoh bangsa Jepang," kata pria yang pernah menjabat Presiden Inter Milan.

"Mereka awalnya lebih terkenal dengan bisbol dan sumo, tetapi bisa mengubah paradigma menjadi salah satu negara sepak bola terbaik di Asia."