Audisi Umum PB Djarum 2023 - Tontowi Ahmad: Kok Umur Segitu Pukulannya Bagus-bagus?

By Lola June A Sinaga - Rabu, 5 Juli 2023 | 19:00 WIB
Legenda bulutangkis Indonesia Tontowi Ahmad saat menjadi Tim Pencari Bakat di Audisi Umum PB Djarum di GOR Djarum, Pati, Kudus, pada Rabu (5/7/2023) (LOLA JUNE ATIKA/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Memasuki tahap turnamen hari kedua Audisi Umum PB Djarum 2023, Rabu (5/7/2023), bakat dan kemampuan para peserta semakin terlihat dan mencuri perhatian Tim Pencari Bakat.

Salah satu anggota Tim Pencari Bakat yang ikut menilai penampilan para peserta adalah mantan pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad.

Ia mengapresiasi ratusan peserta yang telah berjuang untuk meraih Djarum Beasiswa Bulutangkis.

Owi, sapaan akrabnya, mengakui peserta Audisi Umum memiliki kualitas yang mumpuni, baik kelompok usia U-11 dan U-13.

“(Penampilan peserta) Ya Relatif. kalau saya memang ada beberapa anak yang kita pantau untuk bisa berlanjut ke tahap berikutnya,” kata Tontowi saat bertemu para wartawan di GOR Djarum, Kudus, Jawa Tengah.

“Kalau secara keseluruhan ada yang bagus ada juga yang tidak. Menurut saya, adik-adik yang belum bisa berlanjut, mereka sudah tahu patokan permainan mereka seperti apa," jelasnya.

Tontowi menyadari bahwa para peserta yang mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2023 sangat berbeda dengan anak-anak di zamannya.

“Kalau sekarang banyak yang lebih maju, zaman sekarang sekecil itu bisa nyeken-nyeken (scan), nipu-nipu,” ungkap Tontowi lebih lanjut.

“Zaman kita dulu kan monoton. Permainan bulutangkis di masa mereka sudah meningkat.”

“Saya juga sempat bicara dengan pelatih-pelatih, ‘kok, umur segitu mukulnya aneh-aneh, bagus-bagus.'”