AVC Challenge Cup 2023 - Bersaing dengan Jebolan VNL, Indonesia Ditarget Masuk Final

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 6 Juli 2023 | 11:27 WIB
Tim voli putra Indonesia dalam acara pelepasan oleh PBVSI sebelum AVC Challenge Cup 2023 di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/7/2023). (PP PBVSI)

BOLASPORT.COM - Tim nasional bola voli putra Indonesia diharapkan bisa mencapai babak final pada AVC Challenge Cup 2023 pada 8-15 Juli 2023 di Taiwan.

Dalam kualifikasi tahap kontinental untuk Volleyball Nations League (VNL) tersebut, timnas voli Indonesia akan bersaing dengan 16 negara lainnya dari Asia dan Oseania.

Pada babak penyisihan grup awal AVC Challenge Cup 2023, Nizar Julfikar dkk. akan tergabung di Grup F bersama Srilanka dan Bahrain.

Baca Juga: AVC Challenge Cup 2023 - Farhan Halim Termotivasi dengan Pencapaian Tim Putri meski Persiapan Singkat

Sementara itu Grup A diisi oleh dua negara yakni tuan rumah Taiwan dan Kazakstan. Grup B terdiri dari Saudi Arabia, Thailand, dan Korea Selatan.

Kemudian di Grup C ada Uzbekistan, India, Hongkong. Sedangkan Grup D terdiri Mongolia, Filipina, Makau dan Grup E diisi Australia, Pakistan, Vietnam.

Thailand, Filipina, dan Vietnam yang merupakan rival Indonesia di kawasan ASEAN tentunya tetap perlu diwaspadai.

Sementara jika melihat ranking dunia FIVB, Korea paling diunggulkan karena peringkat yang paling baik dibanding negara-negara lainnya yaitu 33.

Australia pun menjadi salah satu sorotan karena masih tampil di VNL pada musim lalu. Tim Negeri Kanguru harus berjuang dari awal lagi karena menjadi juru kunci VNL 2022.

Indonesia sendiri harus menjadi juara AVC Challenge Cup 2023 jika ingin lolos ke Challengers Cup 2023 yang menjadi kualifikasi menuju VNL 2024.