Kejuaraan Asia Junior 2023 - Ganda Putra Sisa 1, Ketiga Wakil Punya Tantangan yang Sama

By Wahid Fahrur Annas - Sabtu, 15 Juli 2023 | 10:15 WIB
Tunggal putri, Mutiara Ayu Puspitasari, usai menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Thailand pada babak semifinal Kejuaraan Asia Junior 2023 event beregu di GOR Among Raga, Yogyakarta, Senin (10/7/2023). (NESTRI YUNIARDI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Tiga wakil Indonesia memiliki tantangan yang serupa jelang menghadapai laga semifinal nomor perorangan Kejuaraan Asia Junior 2023.

Adalah tunggal putra Alwi Farhan, tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari, dan ganda putra Zidane Attauba Efendi/Kleopas Binar Putra Prakoso.

Hanya ganda putra yang bukan merupakan pasangan unggulan dari ketiga wakil Merah-Putih yang tersisa.

Mereka sama-sama akan menghadapi pasangan dari China pada babak empat besar yang digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (15/7/2023).

Sebelumnya, Mutiara juga berhasil mengandaskan wakil China, Huang Lin Rang, dengan skor 17-21, 21-19, 21-19.

“Pertandingannya hari ini dramatis banget ya, karena saya sempat banyak melakukan kesalahan sendiri di penghujung pertandingan," ucap Mutiara.

"Lawannya juga disatu sisi sempat ceroboh tapi kadang kalau dapat poin bisa beruntun. Tadi cukup tegang sih dalam pertandingan ini," kata Mutiara.

 “Beruntung saat terakhir pas pengembalian bola tanggung, lawan tidak berhasil melakukan smash. Kayanya ini juga rezeki saya, jadi akhirnya saya bisa menang,” ucap Mutiara.

Baca Juga: Kejuaraan Asia Junior 2023 - Adu Gengsi Indonesia vs China di Semifinal

 Pada pertandingan ini Mutiara sempat kesulitan untuk keluar dari tekanan lawan. Ia akhirnya mencoba menenangkan diri dan berusaha semaksimal mungkin untuk merebut kemenangannya.

“Di satu sisi saya sudah mendapatkan pola permainan, tapi saya juga sempat tidak konsisten di laga ini. Jadi saya coba mengobrol dengan diri saya sendiri untuk menenangkan pikiran,” tambah Mutiara.

Mutiara akan menghadapi Shou Qun Yu (China). Ia bertekad untuk lebih mengontrol emosi dan menjaga pikiran agar tetap fokus.

“Kalau sudah di babak semifinal sekarang bukan lagi berbicara cara bermain. Sekarang saatnya lebih mengontrol emosi dan menjaga pikiran,” ujar Mutiara.

Hal yang sama juga ingin dilakukan Zidane/Kleopas pada babak semifinal dengan tetap fokus.

"Kami tidak mau euforia berlebihan. Masih ada laga semifinal esok. Sekarang kami mau fokus pemulihan terlebih dahulu. Tentunya kami tidak mau hanya puas sampai di sini," tutur Kleopas.

Pada pertandingan babak 16 besar, Jumat pagi, Zidane/Kleopas menang dengan skor 21-19, 21-13 atas pasangan Dev Ayyappan/Dhiren Ayyappan asal Uni Emirat Arab.

Baca Juga: Jadwal Kejuaraan Asia Junior 2023 - 3 Wakil Tumpuan Indonesia

Dalam laga itu, Zidane/Kleopas mengaku sempat tegang mengingat beberapa rekannya sudah terlebih dahulu terganjal langkahnya.

“Sempat tegang menghadapi laga ini karena kami melawan pasangan unggulan kelima. Kami juga sudah tahu beberapa rekan-rekan kami gugur terlebih dahulu. Itu juga mempengaruhi permainan kami,” ungkap Zidane.