AVC Challenge Cup 2023 - Raih Peringkat Ke-6, Tim Voli Putra Indonesia Sudah Maksimal, tetapi...

By Delia Mustikasari - Sabtu, 15 Juli 2023 | 15:25 WIB
Tim voli putra Indonesia pada laga perebutan peringkat kelima AVC Challenge Cup 2023 melawan Australia di di Hall 1 University of Taipei, Taiwan, Sabtu (15/7/2023). (ASIANVOLLEYBALL.NET)

BOLASPORT.COM - Timnas bola voli putra Indonesia harus puas menempati peringkat keenam pada AVC Challenge Cup 2023.

Rivan Nurmulki dan kawan-kawan gagal merebut peringkat kelima setelah kalah dari Australia 

Pada laga perebutan tempat kelima itu yang digelar di Hall 1 University of Taipei, Taiwan itu, Indonesia gagal meredam perlawanan Australia dengan kekalahan 1-3 (20-25, 18-25, 25-19, 16-25).

Performa tim sebenarnya lebih baik jika saat menghadapi Thailand karena Fahri Septian Putratama turun meski tidak dari awal set.

Namun, Dio Zulfikri yang mengalami cedera ketika melawan Thailand pada babak enam besar tidak diturunkan.

Tim asuhan Jeff Jiang itu banyak melakukan kesalahan sejak awal set serta serangan mudah dibaca lawan.

"Sudah maksimal, tetapi masih banyak kekurangan yang harus kami perbaiki terutama passing dan pertahanan," kata asisten pelatih timnas voli putra Indonesia, Erwin Rusni, dilansir dari PBVSI.

Indonesia menurunkan starting line up dengan jajaran pemain yang tidak berbeda jauh dari babak-babak sebelumnya.

Hanya saja, Boy Arnez untuk pertama kalinya masuk ke dalam jajaran starter. Boy dipercaya mengisi posisi Doni Haryono sebagai outside hitter. Penampilan Boy sempat cukup apik di awal set pertama.

Ia beberapa kali menyumbang angka lewat quick dan cross spike. Namun memasuki pertengahan set, Indonesia mulai sering melakukan banjir error terutama dari modal servis.