4 Negara Ikuti SEA V League 2023, Indonesia Siap Balas Kekalahan dari Thailand

By Delia Mustikasari - Senin, 17 Juli 2023 | 19:53 WIB
Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo (ketiga dari kiri), Hendra Kurniawan (pemain Lavani, kedua dari kanan) dan pelatih Lavani Syamsul Jais (paling kanan) dalam konferensi pers jelang SEA V League di Senayan City, Jakarta, Senin (17/7/2023). (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) akan menggelar SEA V League 2023 setelah sebelumnya menjadi tuan rumah AVC Challenge Cup 2023 for Woman di Gresik, Jawa Timur, Juni kemarin.

SEA V League adalah liga voli indoor antar negara Asia Tenggara yang akan diselenggarakan di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, 21-23 Juli.

Sebanyak empat negara akan tampil selama tiga hari pada pekan pertama di Sentul yakni Filipina, Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

Indonesia diwakili oleh Jakarta LavAni yaitu tim yang menjuarai Proliga 2023. Selanjutnya SEA V League pekan kedua akan berlangsung pada 28-30 Juli di Filipina.

"Pecinta voli akan kembali disuguhkan dengan pertandingan voli karena SEA V League pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Dulu dilaksanakan di Thailand dalam turnamen ASEAN Grand Prix," kata Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo dalam konferensi pers yang dihadiri BolaSport.com di Jakarta, Senin (17/7/2023).

"Mengapa turnamen digelar di Sentul? karena kami ingin memperkenalkan ke negara lain bahwa Indonesia punya padepokan voli. Selain Indonesia padepokan voli ada di Jepang dan Thailand. Fasilitas paling bagus ada di Sentul," ucap Imam.

"Tim putri yang diwakilli Bandung BJB Tanda Mata sebagai juara Proliga akan mengikuti turnamen yang sama pada 6-11 Agustus di Vietnam, lalu 11-13 Agustus di Thailand. Turnamen ini diikuti Indonesia, Vietnam, Thailand, Filipina," tutur Imam.

Menurut Imam, nantinya turnamen SEA V League akan digelar setiap tahun, bergantian di empat negara.

"SEA V league yang mewakili dari Lavani. Kenapa diberikan kepada Lavani karena kami memberi penghargaan sebagai juara Proliga 2023. Untuk memperkuat tim diambil sebagian dari timnas," ucap Imam.

"Kenapa cuma 4 negara yang ikut? kami sebenarnya berharap 11 negara ikut, tetapi peserta yang ikut adalah negara kuat voli di Asia Tenggara. Tahun depan sudah ada yang mendaftar. Semoga pesertanya bertambah."