Sempat Ditolak Ducati, MotoGP Akhirnya Ganti Format Akhir Pekan demi Keselamatan Pembalap

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 17 Juli 2023 | 21:04 WIB
Insiden kecelakaan antara Marc Marquez (Repsol Honda) dan Johann Zarco (Prima Pramac) pada latihan kedua MotoGP Jerman 2023. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - MotoGP mengumumkan perubahan format akhir pekan lomba jelang paruh musim kedua 2023 menyusul masukan dari para pembalap.

Pengumuman ini dikeluarkan oleh Grand Prix Commission yang memuat Dorna Sports selaku promotor MotoGP, FIM (Federasi Motor Internasional), IRTA (Asosiasi Tim), dan MSMA (Asosiasi Pabrikan) pada Senin (17/7/2023).

Mulai seri balap ke-9 MotoGP Inggris, hanya catatan waktu saat sesi latihan kedua pada Jumat siang waktu setempat yang menentukan kelolosan pembalap ke kualifikasi 2.

Baca Juga: Sejarah dan Drama di Road to MotoGP, Pembalap Indonesia Fadilah Menangi Lomba JuniorGP dari Posisi Ke-16

Tadinya para pembalap harus berlomba-lomba mengejar catatan waktu lap terbaik pada dua sesi latihan pertama demi memperebutkan 10 tempat teratas dalam hasil kombinasi.

Target ini sangat krusial karena mempertaruhkan tiket lolos langsung ke kualifikasi 2 yang menentukan pemilik posisi start terdepan alias pole position.

Posisi start makin penting dalam balapan MotoGP karena peluang menyalip yang lebih kecil.

Teknologi yang memudahkan pembalap untuk mengambil risiko serta rentan panasnya ban depan saat melaju di belakang rival menjadi penyebabnya.

Pembalap akhirnya bak tidak mendapat kesempatan yang cukup untuk bernapas karena sudah harus tampil habis-habisan sejak awal.

Dengan durasi sesi 45 menit di latihan pertama, pembalap biasanya cuma punya waktu 30 menit untuk mencari setup sebelum memulai adu catatan waktu dalam time attack.