Korea Open 2023 - Chia/Soh Dirugikan, Pelatnas-nya Malaysia Siap Intervensi BWF

By Wahid Fahrur Annas - Jumat, 21 Juli 2023 | 19:15 WIB
Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, saat tampil pada laga final Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 18 Juni 2023 (TOMMY NICOLAS/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) tak tinggal diam menyusul keputusan kontroversi dari pengadil pada pertandingan babak 16 besar ganda putra Korea Open 2023.

Juara dunia ganda putra, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, merasa sangat dirugikan dengan keputusan hakim dalam laga menghadapi wakil Jepang, Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi.

Chia/Soh kalah via rubber game, dengan skor 21-19, 18-21, 19-21 pada laga yang digelar di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea Selatan, Kamis (20/7/2023).

Momen yang merasa paling dirugikan adalah saat Chia/Soh melakukan servis.

Tepatnya ketika lawan mengubah skor dari 16-18 menjadi 16-19 pada gim penentuan berkat servis flick, Chia/Soh menunjuk pelanggaran lawan karena mengangkat kaki.

Baca Juga: Korea Open 2023 - Kebangkitan Pawang Ganda Putra Indonesia, Final Kepagian untuk Fajar/Rian

Laws of Badminton mengatur bahwa kedua telapak kaki pemberi dan penerima servis harus memijak permukaan lapangan sampai servis dieksekusi.

Adapun Matsui, saat memberikan servis kepada Soh Wooi Yik, dia terlihat mengangkat kaki kirinya dan bergerak ke sisi yang sama.

Servis colongan Matsui bergerak melewati kepala Soh Wooi Yik dan mendarat hampir di belakang badannya. Soh akhirnya gagal mengantisipasinya.

Soh dan Chia melakukan protes. Dua kali Chia memeragakan gerakan mengangkat kaki sebelum servis ke wasit lapangan.