Piala Dunia Wanita 2023 - Selang 8 Tahun, Level Spanyol Lebih Baik dari Kosta Rika

By BolaSport - Jumat, 21 Juli 2023 | 20:00 WIB
Spanyol mengalahkan Kosta Rika 3-0 dalam laga Grup C Piala Dunia Wanita 2023 di Wellington, Jumat (21/7/2023). (TWITTER @SEFUTBOLFEM)

Daniel Sianturi, Pengamat Sepak Bola

BOLASPORT.COM - Pertemuan Timnas Wanita Spanyol dengan Kosta Rika menjadi pembuka persaingan di Grup C Piala Dunia Wanita 2023, Jumat (21/7/2023) di Wellington Regional Stadium, Wellington.

Ini merupakan kali kedua dalam sejarah di mana kedua negara berduel pada putaran final Piala Dunia Wanita.

Sejarah mencatat bahwa bentrokan Timnas Wanita Spanyol dan Kosta Rika pada putaran final Piala Dunia 2015 di Kanada juga merupakan duel pembuka grup kala itu.

Kedua tim baik Spanyol maupun Kosta Rika bahkan menjalani laga tersebut dengan status yang sama yakni sebagai debutan pada putaran final Piala Dunia Wanita.

Skor imbang 1-1 menjadi hasil akhir pertemuan kedua tim yang digelar pada 9 Juni 2015 di Olympic Stadium, Montreal.

Sayangnya, kedua negara gagal lolos ke fase gugur di akhir babak penyisihan grup.

Saat itu Kosta Rika yang dinakhodai Amelia Valverde sedikit lebih baik dari Timnas Wanita Spanyol.

Hasil imbang dengan Kosta Rika menjadi satu-satunya catatan positif yang diperoleh Timnas Wanita Spanyol pada debut mereka di putaran final Piala Dunia Wanita.

Sementara itu, Kosta Rika sukses menambah sebiji poin saat menahan imbang Korea Selatan di laga kedua sebelum akhirnya tersingkir usai menerima kekalahan 0-1 dari Brasil di matchday terakhir Grup D pada perhelatan Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada.