Hasil Final IBL 2023 - Prawira Bandung Cetak Sejarah 25 Tahun, Pelita Jaya Perpanjang Puasa

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 22 Juli 2023 | 22:22 WIB
Point guard Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Andakara Prastawa (jersey biru), berebut bola dengan Yudha Saputera dari tim Prawira Harum Bandung saat gim kedua final IBL di C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, 22 Juli 2023. (IBL INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Kota Kembang berpesta setelah Prawira Harum Bandung berhasil mengatasi Pelita Jaya Bakrie Jakarta dalam lanjutan final IBL 2023.

Prawira Bandung menahbiskan diri sebagai juara baru IBL setelah mencetak kemenangan 63-58 atas Pelita Jaya pada gim kedua di GOR C-Tra Arena, Bandung, Sabtu (22/7/2023).

Didahului kemenangan 74-65 pada gim pertama di kandang Pelita Jaya, Prawira menjadi klub asal Bandung pertama yang menjadi juara liga basket Indonesia sejak Panasia Indosyntec pada 1998.

Baca Juga: Libas Tuan Rumah Pelita Jaya, Prawira Harum Bandung Buka Peluang Besar Cetak Sejarah di IBL

Jarred Shaw yang diturunkan sebagai starter karena cederanya Brandone Francis, pemain asing terbaik IBL 2023, menjawab kepercayaan dengan sumbangsih poin tertinggi.

Shaw mencetak 27 poin dan 10 rebound sepanjang pertandingan kali ini.

Sementara itu, Yudha Saputera menjadi pemain lokal tersubur bagi Prawira dengan 20 poin, 5 rebound, dan 5 asis.

Yudha turut andil dalam mematikan harapan pemain Pelita Jaya melalui tembakan tiga angka yang menjauhkan margin poin dari 59-55 menjadi 62-55 pada menit terakhir.

Pelita Jaya sebenarnya memulai pertandingan dengan lebih baik. Andakara Prastawa dkk. segera melesat dengan keunggulan 7-0.

Time out langsung diminta oleh David Singleton selaku juru taktik Prawira. Namun, Pelita Jaya masih mampu menjaga keunggulan pada kuarter pertama dengan skor 17-13.