Bukan karena Dianak-emaskan MotoGP, tapi Motor Lebih Miring yang Hindarkan Bagnaia dari Pedihnya Penalti Turun Posisi

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 8 Agustus 2023 | 07:30 WIB
Perbandingan potensi pelanggaran batas lintasan antara Brad Binder saat MotoGP Belanda (kiri) dan Francesco Bagnaia saat MotoGP Inggris (kanan). Binder akhirnya dihukum sedangkan Bagnaia tidak. (YOUTUBE.COM/SPOTV ASIA)

BOLASPORT.COM - Potensi pelanggaran batas lintasan oleh Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) saat menjadi runner-up balapan seri kesembilan MotoGP Inggris memicu perdebatan.

Francesco Bagnaia terlihat melewati area berwarna hijau dalam lap terakhir balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Northamptonshire, Inggris, Minggu (7/8/2023).

Menurut aturan tentang batas trek, pembalap harus menyerahkan posisi ke rival di belakangnya jika dianggap telah diuntungkan oleh aksi memotong jalan ini.

Baca Juga: Hasil MotoGP Inggris 2023 - Aleix Espargaro Menangi Adu Nyali nan Dramatis, Marc Marquez Masih Belum Bisa Finis

Area hijau di sisi luar kerb memang tidak dianggap sebagai bagian dari lintasan walau beraspal.

Alasan keselamatan membuat bagian yang tadinya berumput atau berkerikil ini ditutup aspal demi mencegah pembalap terjatuh saat bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Tentunya, tidak mudah bagi pembalap untuk menerima kenyataan pahit ketika mereka harus turun posisi karena tidak sengaja melewatinya di lap terakhir.

Brad Binder (Red Bull KTM) tahu benar rasanya setelah mengalaminya tak hanya sekali tetapi dua kali berturut-turut saat sprint dan balapan MotoGP Belanda pada Juni lalu.

Dua penalti tersebut membuat juara dunia satu kali ini batal meraih podium.

Malang bagi Binder dan KTM, saat ada potensi diuntungkan oleh potensi pelanggaran serupa dari lawan mereka, protes mereka tidak diterima.