Kejuaraan Dunia 2023 - Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra di Paruh Neraka, Salah Satu Harus Lepas Medali Tahun Ini

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 10 Agustus 2023 | 18:45 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di podium Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Minggu (28/8/2022). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Dua ganda putra penghasil medali bagi Indonesia terjebak dalam undian yang kurang menguntungkan pada Kejuaraan Dunia 2023.

Dua pasangan yang dimaksud adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Hanya Ahsan/Hendra dan Fajar/Rian yang mampu menyumbangkan medali bagi Indonesia dalam tiga edisi terakhir Kejuaraan Dunia.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia 2023 - 3 Ganda Campuran Indonesia Hadapi Jalur Undian Berat

Pada 2019 Ahsan/Hendra mendapatkan emas sedangkan Fajar/Rian mendapatkan perunggu karena dikalahkan rekan senegara mereka ini di semifinal.

Peristiwa ini terulang pada Kejuaraan Dunia 2022. Fajar/Rian harus puas dengan perunggu karena dikalahkan Ahsan/Hendra pada babak empat besar.

Bedanya tahun lalu The Daddies "hanya" mendapatkan perak setelah tren sempurna mereka di Kejuaraan Dunia dihentikan jawara Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Tahun ini jalur Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra berpeluang untuk kembali bersinggungan. Sayang, potensi Derbi Indonesia ini harus terjadi lebih cepat.

Pada Kejuaraan Dunia 2023, Ahsan/Hendra selaku unggulan kedelapan ditempatkan di posisi yang lebih dekat dengan Fajar/Rian selaku unggulan pertama.

Dua pasangan ini akan saling berhadapan di perempat final jika sama-sama lolos dari lawan-lawan yang mengadang di babak sebelumnya.