Persaingan Ganda Putra Indonesia Rebut Poin Olimpiade Adil, Siapa Menurun Dia yang Tersingkir

By Delia Mustikasari - Jumat, 11 Agustus 2023 | 06:15 WIB
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bersalaman dengan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan usai menangi duel derbi ganda putra Indonesia pada perempat final Japan Open 2023 di Yoyogi 1st Gymnasium, Tokyo, Jepang, Jumat (28/7/2023) (PBSI)

BOLASPORT.COM - Persaingan ganda putra Indonesia dalam perebutan poin race to Olympic Paris 2024 cukup ketat karena ada lima pasang yang masuk di papan atas.

Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Namun, setelah race to Olympic Paris mulai diberlakukan sejak Mei baru Fajar/Rian yang masuk dalam daftar delapan besar dunia.

Pada sektor ganda, suatu negara bisa mengirim maksimal dua wakil jika menembus ranking delapan besar dunia.

Dalam tiga turnamen terakhir yakni Korea Open 2023, Japan Open, dan Australian Open juga Fajar/Rian menjadi ganda putra Indonesia yang mencatat hasil lebih baik.

Fajar/Rian menjadi runner-up pada Korea Open, lalu menjadi semifinalis Japan Open, dan mencapai perempat final Australian Open 2023.

Sementara itu, wakil-wakil lainnya tersingkir pada babak awal.

"Tim ganda putra di tiga turnamen terakhir memang ada penurunan, Khususnya Fajar/Rian waktu di Malaysia, Singapura kurang maksimal."

"Sekarang ada peningkatan cuma belum maksimal," kata asisten pelatih ganda putra nasional Indonesia, Aryono Miranat, ditemui BolaSport.com di pelatnas Cipayung, Jakarta. 

"Kelemahan ini harus diperbaiki sebelum kejuaraan dunia. Jadi, kami sudah tahu. Akurasinya harus dibenahi, permainan depan harus ditingkatkan lagi dan defence."