Taklukkan Para Rival, Desak Made Rita Jadi Atlet Panjat Tebing Pertama Segel Tiket Olimpiade

By Wahid Fahrur Annas - Jumat, 11 Agustus 2023 | 11:02 WIB
Atlet panjat tebing putri Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi, sedangberpose setelah laga Piala Dunia Panjat Tebing 2023 ( IFSC World Cup) di Lot 6 Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023) malam. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Desak Made Rita Kusuma Dewi menjadi atlet panjat tebing pertama yang mengamankan tiket berlaga pada Olimpiade Paris 2024.

Jatah tampil di pesta olahraga terbesar di Dunia itu didapat atlet berusia 22 tahun itu usai meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Panjat Tebing atau IFSC Climbing World Championships 2023.

Kejuaraan yang menjadi salah satu ajang yang menentukan kelolosan atlet panjat tebing baik individu maupun beregu menuju Olimpiade Paris 2024.itu digelar di Bern, Swiss.

Dilansir laman resmi IFSC, Desak Made mampu mencatatkan waktu 6,49 detik di final.

Baca Juga: Lomba Kereta Peti Sabun Hadir Kembali di Bandung Setelah 35 Tahun

Atlet asal Buleleng, Bali itu mengalahkan pesaingnya dari Amerika Serikat, Emma Hunt, yang hanya mampu menorehkan catatan waktu 6,67 detik.

Sementara itu peringkat ketiga diisi oleh atlet panjat tebing Polandia, Alesandra Miroslaw yang mengalahkan rekan senegaranya Aleksandra Kalucka di pertandingan perebutan tempat ketiga.

Miroslaw sendiri pernah mengalakan Desak Made pada IFSC World Cup yang digelar di Jakarta pada bulan Mei, 2023 lalu.

Saat itu, Desak Made harus puas dengan raihan medali perak.

Raihan medali emas di ajang ini menjadi koleksi medali emas yang pertama ditorehkan oleh Desak Made sepanjang keikutsertaannya di kejuaraan IFSC.