Sedang Cari Pelatih Tunggal, Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia 'Kecolongan' India yang Sudah Rekrut Mulyo Handoyo 

By Delia Mustikasari - Minggu, 13 Agustus 2023 | 11:00 WIB
Ilustrasi Bulu Tangkis ( ISTIMEWA )

BOLASPORT.COM - Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) mungkin masih mencari pelatih papan atas untuk memperkuat timnasnya, tetapi India bertindak cepat dengan mendatangkan Mulyo Handoyo yang merupakan pelatih asal Indonesia.

Mulyo yang merupakan pelatih terkenal india di balik kesuksesan juara Olimpiade Athena 2004 Taufik Hidayat, akan mulai bekerja sebagai pelatih kepala tunggal di National Centre of Excellence India yang baru di Guwahati di Assam, India.

Mulyo bukan satu-satunya pelatih asing, tetapi Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI) telah memasukkan dua pemain asing lainnya

Mereka adalah mantan juara ganda putra All England, Ivan Sozonov (Rusia) sebagai pelatih ganda dan Park Tae-sang (Korea Selatan).

Bagi Mulyo dan Parl, ini bukan tugas pertama mereka di India.

Dalam tugas satu tahun Mulyo bersama India pada 2017, Kidambi Srikanth menjadi terkenal dengan memenangkan empat gelar Superseries.

Dia bergabung dengan Singapura setelah mengundurkan diri pada awal 2018.

Park memandu Pusarla Venkata Sindhu untuk merebut medali perunggu tunggal putri pada Olimpiade Tokyo 2020, tetapi setelah itu dia mengundurkan diri.

Kehadiran Sozonov, yang memenangkan gelar All England 2016 bersama Vladimir Ivanov, diharapkan dapat semakin memperkuat sektor ganda putra yang saat ini sedang naik daun dengan penampilan kuat Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy.

Pusat pelatihan di Guwahati adalah wilayah baru untuk bulu tangkis di India karena fasilitas mutakhir.