Piala Dunia Wanita 2023 - Adu Penalti Tak Lagi Manis bagi Timnas Wanita Prancis

By BolaSport - Senin, 14 Agustus 2023 | 20:15 WIB
Logo Piala Dunia Wanita 2023 yang berlangsung di Australia-Selandia Baru, 20 Juli-20 Agustus 2023. (TWITTER @FIFA)

Daniel Sianturi, Pengamat Sepak Bola

BOLASPORT.COM - Piala Dunia Wanita 2023 di Australia dan Selandia Baru sudah menyelesaikan babak perempat final.

Seperti pada edisi sebelumnya, babak semifinal Piala Dunia Wanita 2023 diisi tiga wakil dari Eropa dan satu lainnya kali ini datang dari Zona Asia namun terletak di Benua Australia.

Tiga tim dari Benua Biru adalah Spanyol, Swedia dan Inggris, sementara satu slot semifinal lainnya menjadi milik tuan rumah, Australia.

Benua Biru sebenarnya memiliki kesempatan untuk menyapu bersih tempat di babak empat besar sekaligus memastikan trofi juara kembali menjadi milik Eropa.

Namun, langkah Timnas Wanita Prancis terhenti di tangan Australia dalam pertandingan babak perempat final yang harus diselesaikan dengan drama adu penalti.

Les Bleules, julukan Timnas Wanita Prancis, gagal mengulangi catatan mereka pada Piala Dunia Wanita 2011.

Pada perhelatan edisi keenam di Jerman kala itu, Timnas Wanita Prancis lolos ke babak semifinal usai menyingkirkan Inggris di babak perempat final.

Dalam laga yang dimainkan di BayArena, Leverkusen, Timnas Wanita Prancis bermain sama kuat 1-1 dengan Inggris hingga akhir babak perpanjangan waktu.

Drama adu penalti yang mereka mainkan di babak perempat final 12 tahun lalu mirip dengan apa yang terjadi di Lang Park, Brisbane, pada 12 Agustus lalu.