Update Ranking BWF - Tabungan Poin Kritis, Fajar/Rian Hati-Hati Dilengserkan di Kejuaraan Dunia 2023

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 15 Agustus 2023 | 20:51 WIB
Ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto dan Fajar Alfian (kiri), berpose bersama juara Korea Open 2023 Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty dari India usai partai final di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea Selatan, 23 Juli 2023. (PBSI)

BOLASPORT.COM - Kejuaraan Dunia 2023 tak akan sekadar mengejar titel "Juara Dunia" bagi ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Penampakan ranking dunia BWF terkini membunyikan kembali alarm untuk mempertahankan takhta tertinggi.

Fajar/Rian sebenarnya masih bertahan di peringkat satu dunia dalam pembaruan ranking BWF untuk pekan ke-33 pada Selasa (15/8/2023).

Ini menjadi pekan ke-34 secara beruntun bagi Fajar/Rian sebagai pasangan nomor satu sejak berhasil mengambil alih posisi ini pada 27 Desember 2022.

Baca Juga: Update Ranking BWF - Kecuali Rinov/Pitha, Wakil Indonesia Stabil Jelang Kejuaraan Dunia 2023

Namun, selisih poin yang tipis dengan rival terdekat membuat Fajar/Rian harus berjuang untuk mempertahankan status penguasa ganda putra.

Setelah awal tahun yang kuat dengan dua gelar dari ajang World Tour Super 1000 yaitu Malaysia Open dan All England Open, performa Fajar/Rian memang sempat turun.

Fajar/Rian belum bisa juara lagi sejak menorehkan trofi pertama mereka dari turnamen bulu tangkis paling bersejarah.

Faktor cedera menghasilkan catatan buruk bagi FajRi karena tersingkir dua kali di babak pertama secara beruntun di Malaysia Masters (Super 500) dan Singapore Open (Super 750).

Adapun dalam tur terkini tren Fajar/Rian justru menurun dengan runner-up di Korea Open (Super 500), semifinal di Japan Open (Super 750), lalu perempat final di Australian Open (Super 500).

Pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, menjadi rival yang paling berpeluang untuk menggusur Fajar/Rian.