Bukan Sekadar Gertakan, PSSI Serius Siapkan Aturan Ketat buat Pelatih Asing untuk Musim Depan

By Wila Wildayanti - Kamis, 17 Agustus 2023 | 08:15 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kiri) dan pelatih pendamping timnas U-17 Indonesia, Frank Wormuth (kanan), sedang memberikan intruksi kepada para pemain di Lapangan A, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Tak hanya sekadar gertakan soal aturan baru untuk pelatih asing yang bekerja di Indonesia, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, nampaknya serius menyiapkan perubahan.

Seperti diketahui, sebelumnya Erick Thohir mengatakan bahwa Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tengah disuruh meninjau ulang aturan sistem kerja pelatih asing.

Yang terbaru, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut bahkan menekankan apabila pelatih asing tak menunjukkan kecintaannya pada sepak bola Indonesia, dia bakal sulit melatih di Tanah Air.

Hal ini diungkapkan buntut dari permasalahan pelatih asing yakni juru taktik Persija Jakarta, Thomas Doll, yang enggan melepas Rizky Ridho ke timnas U-23 Indonesia.

Baca Juga: Paham Betul Piala AFF U-23 Bukan Agenda FIFA, Erick Thohir Hanya Sesalkan Pemain Dilarang ke Timnas U-23 Indonesia 

Selain itu juga ada pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, yang tidak melepas pemian ke skuad Garuda Muda.

Padahal, dua pemain ini dipanggil dengan harapan bisa menambah kekuatan timnas U-23 Indonesia yang bakal tampil di Piala AFF U-23 2023.

Dalam ajang dua tahunan yang berlangsung di Thailand, 17-26 Agustus 2023, tim asuhan Shin Tae-yong bakal berjuang meraih hasil terbaik.

Akan tetapi, persiapan tak berjalan lancar karena ada beberapa pelatih klub yang menahan pemain untuk bergabung ke timnas U-23 Indonesia.

Akibat permasalahan ini, banyak hal yang disangkutpautkan dan merambat ke mana-mana.