Setelah 3 Tahun Bawa Pembaruan Tak Berguna, Yamaha Akhirnya Bikin Fabio Quartararo Tersenyum Juga

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 19 Agustus 2023 | 09:00 WIB
Aksi pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat sesi latihan MotoGP Austria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria,18 Agustus 2023. (YAMAHA MOTOR RACING SRL)

BOLASPORT.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, puas dengan pembaruan aerodinamika yang dicobanya saat seri balap MotoGP Austria 2023.

Quartararo mengikuti jejak rekan setimnya, Franco Morbidelli, untuk menggunakan aero baru dengan bagian sayap depan yang lebih besar.

Menurut El Diablo, aero baru yang dikembangkan Yamaha kali ini menghadirkan keseimbangan yang bagus.

Baca Juga: Hasil P MotoGP Austria 2023 - Valentino Rossi Ojek, Marco Bezzecchi Jadi yang Tercepat

Pengembangan aero tak melulu soal memaksimalkan downforce semenjak pabrikan juga harus menemukan kompromi dengan efek drag yang mengurangi tenaga motor.

Mengingat Yamaha tidak memiliki reputasi sebagai pabrikan yang mendewakan tenaga mesin motor mereka, perlu waktu lama untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Transisi dari sayap depan berbentuk pipih ke berukuran lebih besar sehingga mirip Ducati baru mendapat kata oke dari Quartararo pada akhir pekan ini.

"Selama tiga tahun terakhir, Yamaha menghadirkan 5-6 paket aerodinamika dan tidak ada yang berhasil," ungkap Quartararo, dilansir dari Crash.net.

"Paket kali ini tampaknya memiliki keseimbangan yang bagus dan terutama masalah di masa lalu adalah handling-nya yang sangat buruk."

Dengan aerodinamika kali ini Quartararo merasakan dukungan kendali yang lebih mantap.