Bantu Olympian, NOC Indonesia Inisiasi Dompet Peduli Atlet Olimpiade

By Putri Annisa Maharani - Selasa, 22 Agustus 2023 | 07:30 WIB
(Kiri) Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari pada saat acara NOC Sapa Para Olympian, yang diselenggarakan di Kantor NOC, Senayan, kawasan Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM )

BOLASPORT.COM - Komite Olimpiade Indonesia/National Olympic Committee (KOI/NOC) menyapa para Olympian melalui konferensi video, Senin (21/8/2023).

Ketua Umum NOC, Raja Sapta Oktohari, menghubungi beberapa atlet yang pernah tampl di Olimpiade yaitu legenda atletik Indonesia, Mardi Lestari, dan legenda panahan Indonesia, Lilies Handayani.

Hal ini bertujuan untuk membantu para Olympian yang sedang mengalami kesulitan di masa tua.

Selain itu, NOC juga berupaya dalam mencari formula terbaik dalam membantu para Olympian.

Mardi Lestari, legenda atletik Indonesia spesialis lari nomor 100 meter yang pernah menembus semifinal Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan, kini lebih banyak berdiam diri di rumahnya yang berada di Jalan Jaya Wijaya, Binjai Selatan, Sumatera Utara.

Mardi kini sedang dalam masa pemulihan akibat kanker getah bening stadium ringan dan gangguan hati serta ginjal.

Baca Juga: Hasil Kejuaraan Dunia 2023 - Menangi Adu Taktik, Lanny/Ribka Lolos dari Lubang Jarum

Sementara itu, legenda panahan, Kusuma Wardhani, yang dikenal sebagai salah satu anggota tiga srikandi bersama Lilies Handayani dan Nurfitriana, dan pernah menyumbangkan medali perak untuk Indonesia di Olimpiade 1988 di Seoul, sekarang juga sedang dalam masa perawatan di Rumah Sakit Hermina, Makassar, Sulawesi Selatan, karena stroke yang dideritanya. 

“Kami KOI sangat peduli terhadap prestasi olahraga Indonesia dan apa yang telah dilakukan para Olympian ini akan menjadi referensi utama karena mereka yang telah mencetak sejarah dan bagaimana perlakuan negara terhadap pejuang Merah Putih ini,” kata Ketua Umum NOC, Raja Sapta Oktohari, dalam acara NOC Indonesia Sapa Olympian bersama Mardi Lestari dan Lilies Handayani yang hadir secara daring.

Pada saat dihubungi melalui konferensi video tersebut, Lilies Handayani juga mengungkapkan kondisi dari Kusuma Wardhani saat ini.