Kejuaraan Dunia 2023 - Gagal Jaga Tradisi Emas Jepang, Kodai Naraoka Iri 2 Kali Dipecundangi Pemain yang Sama

By Wahid Fahrur Annas - Senin, 28 Agustus 2023 | 10:15 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Jepang, Kodai Naraoka, lesu usai takluk pada final Kejuaraan Dunia 2023. (YOHAN NONOTTE/BADMINTON PHOTO)

BOLASPORT.COM - Kegagalan tunggal putra Jepang, Kodai Naraoka, pada final Kejuaraan Dunia 2023 memutus tradisi emas negaranya sejak 2017.

Jepang setidaknya selalu meraih medali emas satu bahkan sampai dua emas sekaligus dalam lima edisi berturut-turut pada Kejuaraan Dunia tahun 2017 hingga 2022.

Tahun 2018-2019 menjadi musim panen bagi saat mereka meraih dua gelar sekaligus melalui tunggal putra Kento Momota dan pasangan ganda putri Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Adapun tunggal putri Jepang, Nozomi Okuhara, seakan menjadi kebangkitan bagi Jepang yang kembali memiliki wakil dengan berdiri di podium tertinggi Kejuaraan Dunia.

Ya, sebelum tahun 2017, Jepang baru sekali merengkuh gelar juara pada gelaran pertama tahun 1977 melalui pasangan ganda putri, Etsuko Toganoo/Emiko Ueno.

Namun, nelangsa bagi Naraoka yang gagal melanjutkan tradisi juara usai takluk dari pemain Thailand, Kunlavut Vitidsarn.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia 2023 - Apriyani/Fadia Jadi Korban, Rekor 100 Persen Medali Emas China Terjaga

Pemain yang sama mengalahkan Naraoka pada dua kali final Kejuaraan Dunia yakni di level junior pada tahun 2018 dan yang terbaru di level senior.

"Tahun lalu kami kalah di babak kedua. Saya sangat senang karena tidak menyangka bisa meraih medali perak," kata Naraoka dikutip BolaSport.com dari Badminton Spirit.

"Saya menginginkan medali emas dan menjadi serakah, tapi lain kali saya pikir saya akan mencoba untuk tidak serakah."