MotoGP Catalunya 2023 - Bagai Bumi dan Langit, Tahun Lalu Fabio Quartararo Juara, Sekarang Lolos Q2 Juga Tidak

By Delia Mustikasari - Sabtu, 2 September 2023 | 00:15 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, pada hari pertama MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, Jumat (1/9/2023). (LLUIS GENE/AFP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, kembali harus menerima kenyataan pahit pada hari pertama seri balap MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, Jumat (1/9/2023).

Quartararo mengawali latihan bebas pertama (Free Practice 1/FP1) di posisi kesembilan, lalu pada Practice yang berlangsung sore harinya dia menyelesaikan sesi di urutan ke-17.

Hanya 10 pembalap teratas di sesi Practice yang akan langsung lolos menuju Q2 pada sesi kualifikasi.

Pembalap asal Prancis itu mungkin melakukan yang terbaik untuk menerima kenyataan situasi Yamaha saat ini, tetapi posisi ke-17 pada latihan MotoGP Catalunya masih merupakan pil pahit yang harus ditelan.

Pembalap 24 tahun itu memenangkan balapan MotoGP Catalunya tahun lalu dengan selisih 6,4 detik (setelah kecelakaan di tikungan pertama yang menyingkirkan beberapa rival utamanya).

Namun sekarang menghadapi pertarungan hanya untuk mencapai Q2 pada Sabtu (2/9/2023) dan menjadi pembalap tercepat dengan motor Jepang bukanlah sebuah hiburan.

"Ini adalah ide yang saya miliki (untuk mengubah sikap) karena kami jelas tahu bahwa kami tidak berada di sana untuk memperebutkan podium," kata Quartararo dilansir dari Crash.

"Tetapi, sulit untuk menerima bahwa lima atau enam tahun terakhir saya berada di sini. Saya selalu berjuang untuk meraih kemenangan. Tahun lalu saya menang dengan keunggulan enam detik. Dan sekarang kami berada di urutan ke-17."

"Jadi tentu saja ini sulit, tetapi kami harus mulai menerimanya. Kami mencoba mencari hal positif untuk persiapan tahun depan dan itu saja," aku Quartararo.

Masalah utama Juara Dunia MotoGP 2021 itu adalah kurangnya traksi di sirkuit yang terkenal licin di siang hari yang panas.