Starting Grid MotoGP Catalunya 2023 - Adu Kekuatan Ducati Vs Aprilia

By Delia Mustikasari - Minggu, 3 September 2023 | 09:15 WIB
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia (kiri) dan Aleix Espargaro (Aprilia) setelah sprint race MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, Sabtu (2/9/2023). (LLUIS GENE/AFP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, melanjutkan catatan positif pada seri balap MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, Sabtu (2/9/2023) dengan menjuarai sprint race.

Espargaro mengungguli Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang menjadi pemegang pole position pada MotoGP Catalunya 2023.

Espargaro sebelumnya menjadi yang tercepat pada sesi Latihan bebas pertama (Free Practice/FP1) dan Practice (P) yang berlangsung pada Jumat (1/9/2023).

Espargaro dengan garang membuat Bagnaia tak berkutik setelah rekan satu timnya, Maverick Vinales) menjadi pembalap di belakangnya yang menguasai sesi hari pertama.

Namun, hasil pada sprint race menjadi alarm bagi Bagnaia saat balapan akan berlangsung pada Minggu (3/9/2023).

Bagnaia sebagai pemegang pole position alias posisi start pertama pada kualifikasi, Sabtu (2/9/2023). Hal ini juga menjadi bekal bagi pembalap yang belum pernah menang pada GP Catalunya itu.

Dia mencatatkan waktu 1 menit 38,639 detik dan memecahkan rekor putaran tercepat.

Aleix Espargaro (Aprilia Racing) dan Miguel Oliveira (CryptoData RNF) melengkapi baris start terdepan setelah menempati posisi ke-2 dan ke-3. 

Penampilan seorang Juara membuat pembalap Italia itu mampu menghentikan dominasi Aprilia saat ia mencetak rekor putaran baru sepanjang masa di Barcelona.

"Ini adalah salah satu posisi terdepan yang paling penting sejauh ini," kata Bagnaia dikutip BolaSport.com dari Motorsport Espana.