MotoGP Catalunya 2023 - Legenda Ungkap Alasan di Balik Kemunduran Honda 3 Tahun Terakhir, 'Konsepnya Salah'

By Delia Mustikasari - Minggu, 3 September 2023 | 11:15 WIB
Aksi dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (nomor 93) dan Joan Mir (36), saat sesi latihan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Montmelo, Spanyol, 1 September 2023. (HONDA RACING CORPORATION)

BOLASPORT.COM - Situasi Honda yang saat ini terpuruk karena gagal mengantar pembalap dan tim di jajaran atas dalam MotoGP membuat legenda Honda gerah. 

Alex Criville yang merupakan legenda Honda telah menganalisis situasi Repsol Honda saat ini dan apa yang menjadi alasan di balik kurangnya hasil yang ditunjukkan dalam tiga musim terakhir.

Terbaru, Honda masuk dalam daftar tim terbawah saat sesi latihan pertama (Free Practice 1/FP1) MotoGP Catalunya 2023, Jumat (1/9/2023) di Circuit de-Barcelona-Catalunya, Spanyol.

Marc Marquez yang menjadi ikon Honda bahkan tidak lolos kualifikasi 2 (Q2) sehingga harus berjuang sejak kualifikasi pertama (Q1) dalam perebutan posisi pada balapan utama MotoGP Catalunya 2023.

Melihat penderitaan Honda di posisi terakhir di MotoGP bukan lagi sebuah kejutan.

Pabrikan Jepang itu mengalami masalah sejak 2020, dengan cederanya Marc Marquez.

Kembalinya sang pemegang enam gelar juara dunia MotoGP itu juga belum cukup untuk memecahkan masalah tersebut.

Marquez tampaknya melakukan 'keajaiban' lainnya, menyelinap ke Q2 GP Catalunya di belakang Jack Miller (Red Bull KTM).

Namun, pebalap Repsol Honda itu tak mampu berbuat apa pun di sesi kualifikasi kedua dan juga tidak dalam perlombaan Sprint.

Alex Criville menganalisis penyebab masalah Honda dalam perannya sebagai komentator DAZN.