FIBA World Cup 2023 - Sejarah Latvia di Bola Basket Dunia Tercipta di Indonesia Arena

By Putri Annisa Maharani - Minggu, 3 September 2023 | 21:25 WIB
Suasana pertandingan antara Brasil dan Latvia di FIBA World Cup 2023, di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (3/9/2023). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM )

BOLASPORT.COM - Indonesia Arena menjadi venue olahraga yang akan dikenang oleh seluruh warga Latvia. Di arena indoor terbesar di Indonesia ini, negara pecahan Uni Soviet mencetak sejarah di Piala Dunia Bola Basket. Tampil dengan status debutan, Latvia berhasil lolos ke perempat final FIBA World Cup 2023.

Sukses Latvia ditentukan lewat kemenangan mengesankan atas Brasil 104-84 pada laga terakhir Grup L di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (3/9/2023) petang.

Berkat kemenangan ini Latvia berhak tampil pada babak gugur FIBA World Cul 2023 yang akan dimulai di Manila, Filipina pada 5 September.

Namun, lawan tim asuhan Luca Banchi baru akan ditentukan setelah pertandingan lain di Grup L antara Kanada kontra Spanyol.

Jika Spanyol menang, Latvia akan menjadi juara Grup L dan akan bertemu runner up Grup K. Namun jika Kanada yang menang, Latvia berstatus runner-up dan melawan juara Grup K.

Kemenangan Latvia ini disambut sukacita ribuan pendukung mereka yang memenuhi Indonesia Arena.

"Saya akan terbang ke Manila. Saya akan di sana sampai pertandingan terakhir tim kami, yaitu final," kata Dimitri, salah satu fan Latvia dengan percaya diri.

Menurut Dimitri, permainan Latvia setiap game terus meningkat. Ini yang mendasari kepercayaan dirinya Latvia bisa melangkah sampai partai puncak.

"Yang pasti, kami akan selalu mengingat Jakarta dan Indonesia," kata Dimitri yang terbang ke Indonesia dengan didampingi istrinya.

Baca Juga: Update Kondisi Francesco Bagnaia usai Insiden MotoGP Catalunya, Ada Harapan Murid Valentino Rossi Selamat dari Cedera Serius