Hasil F1 GP Italia 2023 - Perang Saudara Bikin Ferrari Jantungan, Verstappen Patahkan Kutukan untuk Rekor di Luar Nalar

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 4 September 2023 | 01:47 WIB
Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, merayakan kemenangannya pada balapan F1 GP Italia di Sirkuit Monza, Monza, Italia, 3 September 2023. Ini menjadi kemenangan ke-10 secara beruntun bagi Verstappen sekaligus rekor baru di F1. (BEN STANSALL/AFP)

BOLASPORT.COM - Untuk pertama kalinya dalam sejarah pembalap F1 mencetak 10 kemenangan beruntun setelah sukses terkini Max Verstappen (Red Bull Racing) pada balapan seri ke-14 GP Italia 2023.

Verstappen lagi-lagi finis pertama pada balapan F1 GP Italia yang berlangsung di Sirkuit Monza, Monza, Italia, Minggu (3/9/2023).

The Flying Dutchman memupus harapan para tifosi yang sempat naik karena pole position yang dicetak oleh pembalap Ferrari, Carlos Sainz Jr.

Tekanan sudah dilancarkan Verstappen sejak start. Dari posisi kedua, dia berusaha mendahului Sainz di tikungan pertama yang tidak mudah.

Sainz tidak membiarkan mantan rekan setimnya lewat begitu saja. Akan tetapi, bayang-bayang Verstappen secara perlahan meruntuhkan pertahanannya.

Kesalahan Sainz dalam pengereman di chicane alias tikungan zig-zag 1-2 pada lap ke-15 yang berujung terkuncinya ban depan memberi ruang bagi Verstappen untuk melawan.

Verstappen sukses menyaingi Sainz dalam adu akselerasi di tikungan cepat La Grande untuk mendahului di chicane berikutnya.

Setelah itu Verstappen tak terkejar. Posisi pertama dapat dipertahankannya sampai balapan selama 51 lap itu berakhir.

Dengan demikian Verstappen selalu menang dalam 10 balapan terakhir sejak GP Miami pada bulan Mei lalu.

Baca Juga: Hasil MotoGP Catalunya 2023 - Si Kapten Bayar Blunder Memalukan, Balapan Berakhir Aman usai Horor Saat Start