MotoGP San Marino 2023 - Kabar Terbaru Francesco Bagnaia Usai Insiden Horor dan Kembali ke Italia, Siap Comeback?

By Delia Mustikasari - Kamis, 7 September 2023 | 04:30 WIB
Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, pada kualifikasi MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Sabtu (5/8/2023). (BEN STANSALL/AFP)

BOLASPORT.COM - Pikiran pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, beralih ke rencananya untuk segera comeback pada MotoGP San Marino 2023 setelah insiden horor pada balapan MotoGP Catalunya 2023 akhir pekan lalu.

Seri balap MotoGP San Marino 2023 akan berlangsung di Sirkuit Misano, 8-10 September.

Sebelumnya, ada dua insiden mengerikan pada MotoGP Catalunya 2023 yang melibatkan dua pembalap Ducati.

Kecelakaan pertama dipicu oleh Enea Bastianini (Ducati Lenovo) yang gagal menghentikan motor di tikungan 1 lap pertama. 

Akibatnya, dia terjatuh melebar dan menyeret empat pembalap lainnya.

Memulai balapan dari posisi ke-14 setelah menjalani penalti tiga tempat di grid yang diterima selama latihan bebas Jumat, pembalap asal Rimini ini terlambat mengerem di tikungan pertama dan terjatuh.

Empat pembalap yang terkena kecelakaan adalah Johann Zarco (Pramac Ducati), Alex Marquez (Gresini Racing), Marco Bezzecchi (Mooney VR46) dan Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing).

Diagnosis Bastiani ternyata lebih buruk. Dia mengalami patah tulang malleolus dan patah tulang kompleks pada metakarpal kedua tangan kirinya.

Kedua patah tulang tersebut telah diimobilisasi agar Bastianini dapat segera kembali ke Italia untuk menjalani operasi pada pergelangan kakinya di Rumah Sakit Modena.

Tak lama berselang, pemegang pole position MotoGP Catalunya 2023 yang juga rekan satu tim Bastianini, Francesco Bagnaia, mengalami highside crash dan terjatuh di tengah lintasan.