Isi Posisi Rivan Nurmulki pada Asian Games 2022, Agil Angga Enggan Merasa Terbebani

By Delia Mustikasari - Sabtu, 16 September 2023 | 06:00 WIB
Atlet Bola Voli Indonesia, Aqil Angga Anggara, yang ditemui usai acara Pelepasan Tim Nasional Bola Voli dan Voli Pantai Indonesia untuk berlaga di Asian Games 2022, di Padepokan Voli Jendral Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Kamis (14/9/2023). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM )

 

BOLASPORT.COM - Pebola voli indoor putra Indonesia, Agil Angga Anggara, menjadi salah satu debutan pada Asian Games 2022, Hangzhou, China, 19-26 September.

Meski akan debut, Angga (sapaan akrab Aqil Angga Anggara) akan mengisi salah satu posisi penting yakni sebagai opposite.

Angga dipilih oleh pelatih kepala timnas voli Indonesia, Jeff Jiang Jie, untuk mengisi posisi Rivan Nurmulki.

Rivan yang masih menjadi hitter terbaik voli Indonesia saat ini tidak masuk dalam skuad Asian Games karena sedang fokus untuk menjalani sidang etik dengan Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI).

Rivan absen pada Kejuaraan Voli Asia 2023 di Iran (19-26 Agustus). Dia beralasan bahwa dia ingin menyelesaikan proses mundurnya dari kepolisian dan ingin menemani istrinya melahirkan.

Namun, dalam perkembangannya Rivan mengikuti Piala Kapolri 2023 membela Kaltim yang berakhir pada 2 September kemarin.

Hal ini membuat Rivan tidak dimasukkan dalam skuad Indonesia untuk Asian Games 2022 dan terancam mendapat sanksi dari Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI).

 Saat Rivan absen, Angga sudah dipercaya sebagai opposite.

"Persiapannya cukup baik karena sudah dua kali try out di Taiwan dan Iran. Banyak pelajaran juga yang bisa diambil," kata Angga saat ditemui BolaSport.com usai pelepasan tim untuk Asian Games di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Menggantikan posisi Rivan, pemain 23 tahun itu mengaku lebih fokus mencapai target tim.