Belum Tanding, Calon Lawan AC Milan di Liga Champions Bikin Masalah

By Ade Jayadireja - Selasa, 19 September 2023 | 18:00 WIB
Sandro Tonali merayakan gol debutnya untuk Newcastle United ke gawang Aston Villa dalam pekan 1 Liga Inggris 2023-2024 di Stadion St. James' Park, Sabtu (12/8/2023). (TWITTER.COM/OPTAJOE)

BOLASPORT.COM - Newcastle United melanggar peraturan UEFA menjelang duel pembuka Liga Champions 2023-2024 kontra AC Milan.

Partai AC Milan versus Newcastle United akan tersaji di San Siro pada Selasa (19/9/2023) atau Rabu dini hari WIB sebagai menu pembuka Grup F.

Sehari sebelum pertandingan, skuad asuhan Eddie Howe seharusnya dijadwalkan lepas landas dari Bandara Newcastle pada 14.30.

Namun, karena terjadi penundaan penerbangan akibat badai petir, jet pribadi Boeing 737 yang mereka tumpangi baru terbang pukul 16.45.

Imbasnya adalah Newcastle banru mendarat di Milan pukul 20.00 dan terpaksa melewatkan konferensi pers pra-laga.

Padahal, berdasarkan Pasal 73 peraturan UEFA, setiam tim wajib mengadakan konferensi pers antara tengah hari hingga jam 20.00 malam sehari sebelum pertandingan.

"Setiap tim harus menggelar konferensi pers sehari sebelum partai," demikian bunyi regulasi UEFA.

"Setiap konferensi pers harus dihadiri oleh pelatih kepala tim dan setidaknya satu pemain. Jika pelatih kepala diskors untuk pertandingan, klub memiliki opsi untuk menggantikannya pada konferensi pers pra-pertandingan dengan asisten pelatih."

“Kedua konferensi pers tersebut harus diatur oleh kedua klub dan UEFA secara bersama-sama, sehingga media dapat menghadiri keduanya."

"Konferensi pers harus dimulai antara pukul 12.00 hingga 20.00 waktu setempat. Pengecualian terhadap waktu ini harus disetujui terlebih dahulu dengan UEFA."