MotoGP India 2023 Dijamin Oke, Penasihat Keselamatan Dorna Redam Kecemasan Pembalap

By Nestri Y - Selasa, 19 September 2023 | 21:30 WIB
Sirkuit Buddh yang akan menjadi venue seri balap MotoGP India. (MOTOGP)

BOLASPORT.COM - Kecemasan sejumlah pembalap tentang Sirkuit Buddh yang menjadi venue MotoGP India 2023 coba ditenangkan oleh Penasihat Keselamatan Dorna, Loris Capirossi.

Mantan pembalap dengan koleksi tiga gelar juara dunia itu memastikan bahwa pembalap akan senang dengan kondisi yang mereka hadapi saat MotoGP India.

Capirossi menegaskan tidak ada yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan, terutama terkait homologasi trek pada Sirkuit Buddh.

Proses homologasi yang menentukan kelayakan sirkuit untuk balapan MotoGP akan dilakukan pada Kamis (21/9/2023) alias tepat sehari sebelum latihan bebas pertama.

Sebelumnya, sejumlah pembalap mencemaskan terkait faktor keselamatan di sirkuit yang awalnya didesain untuk balap mobil.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah area run-off atau limpasan yang dianggap terlalu sempit karena jarak yang tidak cukup lebar antara tepi lintasan dengan pembatas.

"Treknya baik-baik saja," kata Loris Capirossi dikutip BolaSport.com dari GPOne.

"Semua trek di dunia pun dihomologasi pada hari Kamis sebelum Grand Prix dimulai dan akan kehilangan homologasinya saat balapan sudah berakhir," terangnya.

"Saya akan memberikan contoh seperti di Misano yang saat ini sudah tidak memiliki homologasi."

Baca Juga: Acakadut MotoGP India: Sisa 3 Hari dan Bisa-bisanya Pembalap Sekelas Marc Marquez Belum Bisa Berangkat