Singgung Pertarungan Mental, Sorotan Tajam Christian Hadinata usai Jadi Tim Ahli Ganda Pelatnas PBSI

By Nestri Y - Selasa, 26 September 2023 | 20:58 WIB
Legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata, memaparkan pendapatnya perihal tim Indonesia sa

BOLASPORT.COM - Legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata menyoroti pentingnya faktor mental akibat situasi sistem poin bulu tangkis di era sekarang.

Faktor mental sering menjadi masalah pebulu tangkis Tanah Air. Ganda putra nomor satu dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, termasuk di antaranya.

Hal inilah yang coba dibenahi Christian Hadinata sejak terlihat menyambangi pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur sejak bulan Agustus lalu.

Kehadiran peraih lima medali emas Asian Games bukan hanya sekadar mampir karena dia telah menjadi bagian dari tim ahli yang akan memantau pelatih dan pemain pelatnas Cipayung.

Posisi itu dipercayakan kepada Hadinata untuk memantau semua sektor.

Tetapi saat ini, mantan pemain yang akrab disapa koh Chris itu lebih banyak memonitor sektor ganda, sebagaimana spesialisasinya.

Setelah menjalankan perannya di pelatnas, salah satu sorotan tajam Hadinata dari evaluasi yang ia lakukan adalah soal mental.

Aspek psikologis semacam ini, menurut dua kali Juara Dunia itu, masih menjadi hal yang sering menjegal para pebulu tangkis top meskipun punya keunggulan secara teknis.

Semua itu tidak lepas dari perubahan sistem poin menjadi reli yang menuntut konsentrasi tinggi.

Baca Juga: Legenda Bulu Tangkis Indonesia Turun Gunung, Christian Hadinata Didatangkan PBSI demi Misi dan Tugas Khusus