Rekap Bulu Tangkis Asian Games 2022 - Wakil ASEAN di Beregu Putra Sisa Indonesia, Tim yang Diperkuat 'Pangeran' Jadi Calon Lawan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 29 September 2023 | 00:30 WIB
Penampakan Binjiang Gymnasium di Hangzhou, China, yang menjadi arena kompetisi bulu tangkis saat Asian Games 2022. Foto diambil pada 29 Juni 2023. (GREG BAKER/AFP)

BOLASPORT.COM - Hari pertama bulu tangkis beregu Asian Games 2022 diwarnai dengan nestapa wakil-wakil Asia Tenggara di babak 16 besar.

Tidak ada satu pun tim putra dari ASEAN yang memetik kemenangan dalam rangkaian pertandingan di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, Kamis (28/9/2023).

Singapura takluk 0-3 dari Jepang lalu Thailand yang diperkuat juara dunia tunggal putra, Kunlavut Vitidsarn, juga merana setelah kalah tipis 2-3 dari Hong Kong.

Kejutan lain hadir saat Malaysia dipaksa menyerah dengan skor 1-3 dari Korea Selatan.

Kekalahan Malaysia makin menyesakkan karena mereka kehilangan dua poin dari tunggal putra di mana mereka lebih diunggulkan.

Di partai pertama Juara All England satu kali, Lee Zii Jia, tersandung di hadapan Jeon Hyeok-jin yang peringkatnya cuma 47 dunia.

Kemenangan ganda putra andalan, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dari juara dunia, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae, pun tak mampu meredakan tekanan yang dihadapi penampil berikutnya.

Di laga ketiga Ng Tze Yong yang sebelum ini menjadi batu sandungan pemain-pemain top seperti Prannoy H. S. sampai Jonatan Christie justru dijegal Lee Yun-gyu yang berada di luar ranking 100 besar.

Saat berbicara soal ajang beregu, teknik dan peringkat saja memang tidak cukup karena pemain juga dituntut punya mental yang kuat untuk menahan tekanan bertanding bagi tim.

Baca Juga: Hasil Bulu Tangkis Asian Games 2022 - Kombinasi Ganda Putra Edisi Sudirman Cup Kubur Mimpi Malaysia, Korsel Tantang Indonesia