Update Klasemen Medali Asian Games 2022 - Selamat Datang Kembali di 10 Besar, Indonesia

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 1 Oktober 2023 | 10:52 WIB
Atlet balap sepeda Indonesia, Jasmine Azzahra Setyobudi dan Amellya Nur Sifa, merayakan raihan medali dari balap BMX putri di Chun'an Jieshou Sports Centre BMX Course, Hangzhou, China, Minggu (1/10/2023). Amellya merebut emas sedangkan Jasmine mendapat perunggu. (PB ISSI/NICK HANOATUBUN)

BOLASPORT.COM - Kontingen Indonesia kembali bertengger di peringkat 10 besar klasemen medali Asian Games 2022 berkat kesuksesan terkini dari balap sepeda BMX.

Tak tanggung-tanggung, dua medali direbut atlet Indonesia sekaligus dalam lomba BMX putri di Chun'an Jieshou Sports Centre BMX Course, Hangzhou, China, Minggu (1/10/2023).

Amellya Nur Sifa sukses merebut medali emas setelah selalu finis tiga besar dalam tiga run yang dilangsungkan.

Pada run pertama Amellya finis ketiga di belakang dua pembalap tuan rumah yaitu Gu Quanquan dan Wang Mengyao yang lebih mengenal medan.

Amellya meningkatkan posisinya pada run berikutnya dengan hanya tertinggal dari Gu Quanquan sementara kompatriotnya, Jasmine Azzahra Setyobudi, finis ketiga.

Pada titik ini Amellya masih kalah poin dari Gu Quanquan. Namun, angin bergerak ke arah kubu Indonesia pada run pamungkas.

Amellya mampu merebut posisi pertama diikuti Jasmine. Sementara itu, Gu Quanquan yang hanya perlu finis ketiga malah menurun di lomba terakhir.

Hanya finis keempat, Gu harus merelakan posisi teratas direbut oleh Amellya yang telah mencuri perhatian sejak menembus final kategori U-23 dari seri Piala Dunia Supercross BMX pada 2021.

Kegagalan Gu pun makin terasa ironis karena pembalap yang finis ketiga pada run ketiga adalah rekan senegaranya sendiri yaitu Wang Mengyao.

Baca Juga: Asian Games 2022 - Alarm Lalu Mohammad Zohri Usai Bermunculan Rival Belasan Tahun