Asian Games 2022 - Sepak Takraw Rebut 2 Perak, 1 Perunggu dan Cetak Sejarah Tembus Final

By Delia Mustikasari - Rabu, 4 Oktober 2023 | 15:14 WIB
Tim sepak takraw putri Indonesia pada final Asian Games 2022 di Jinhua Sport Centre Gymnasium, Hangzhou, China, Rabu (4/10/2023). (HENDRI K RAHMAN/NOC INDONESIA)



BOLASPORT.COM - Cabang olahraga sepak takraw mempersembahkan dua medali perak dan satu perunggu dari penampilannya pada Asian Games 2022 Hangzhou, China.

Medali perak didapat dari nomor men’s quadrant yang diperkuat Dikapriyadi, Muhammad Hardiansyah Muliang, Saiful Rijal, Muhammad Hafidz, Rusdi dan Abdul Halim Radjiu.

Mereka kalah dari wakil Myanmar pada partai final dengan skor akhir 13-21, 22-24.

Bermain di Jinhua Sport Centre Gymnasium, Rabu (4/10/2023), Saiful Rijal dkk tampil tertekan sehingga banyak melakukan kesalahan yang menguntungkan lawan.

"Putra tadi lawan Myanmar di final. Pada babak penyisihan kita menang atas Myanmar 2-0, tetapi pada final mereka lebih beruntung," kata pelatih timnas sepak takraw Indonesia, Ramli, dalam siaran pers NOC Indonesia.

"Anak-anak tampil lebih terbebani dibanding Myanmar yang lebih lepas mainnya di final," ucap Ramli.

Medali perak lainnya dipersembahkan dari women’s quadrant yang diisi Leni, Lena, Dita Pratiwi, Fujy Lestari, Florensia Cristy dan Kusnelia.

Menghadapi Vietnam, tim sepak takraw putri Indonesia kalah 1-2. Pada set pertama, si kembar Lena-Leni dkk berhasil unggul 21-18, kemudian kalah 18-21 di set kedua.

Baca Juga: Hasil Bulu Tangkis Asian Games 2022 - Singkirkan Wakil Singapura, Anthony Ginting Jadi Wakil Indonesia Pertama yang Tembus 8 Besar

Pada set penentu, Lena-Leni justru semakin tertinggal. Cedera yang dialami Kusnelia semakin membuat pertahanan Tim Indonesia mudah digempur lawan.

"Di putri, pada saat set ketiga poin kita sama, atlet kita Kusnelia cedera. Padahal, dia itu jadi tembok kami di belakang yang melakukan service dan bertahan," aku Ramli.

"Saat dia keluar, kekukatan kita makin berkurang," ujar Ramli.