Marc Marquez Putuskan Berpisah dengan Honda, 12,5 Juta Euro Melayang

By Delia Mustikasari - Kamis, 5 Oktober 2023 | 17:20 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, melakukan persiapan jelang Free Practice MotoGP Jepang 2023 di Sirkuit Motegi, Jumat (29/9/2023). (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP)

BOLASPORT.COM - Mantan pembalap motor 500cc asal Italia, Giacomo Agostini, mengomentari berita besar Marc Marquez yang memutuskan meninggalkan Honda seusai MotoGP 2023.

Semua orang mengharapkan kepindahan Marquez dan kepindahan itu dikonfirmasi pada Rabu (4/10/2023).

Perpisahannya dengan Honda telah diumumkan secara resmi dan Agostini memberikan pandangannya, karena diketahui bahwa mereka (Agostini dan Marquez) rukun dan dia mengikuti jejak pembalap asal Cervera, Spanyol tersebut.

"Marc adalah satu-satunya pembalap di dunia yang memutuskan meninggalkan Honda," kata Agostini dilansir dari MotoSan.

"Saya pikir dia akan bertahan, dengan jaminan dari pabrikan terbesar di bidang sepeda motor, yang mesinnya kami terus menangkan di F1," ucap pemegang delapan gelar juara dunia kelas 500cc ini.

"Lalu ada pertanyaan tentang gaji: siapa yang membayarnya? Anda memberikan 12,5 juta Euro atau (sekitar Rp 205 miliar) sekitar itu."

"Ada sesuatu di sini yang luput dari perhatian kita semua, sesuatu yang tidak masuk akal!" ujar Agostini.

Selama menjadi pembalap, Giacomo Agostini juga melakukan perubahan.

"Iya, tetapi saya ganti dari MV ke Yamaha yang merupakan pabrikan terbesar kedua di dunia. Kado MV sudah menyelesaikan siklusnya pada akhir 1973," ucap pria 81 tahun itu.

"Mesin dua tak sudah hadir. Bahkan mekanik saya menyuruh saya untuk berubah. Mereka memberitahu saya Mazza, Castelli, Carrano."