Asian Games 2022 - Catatan Manis Bulu Tangkis Indonesia Berakhir Tragis, Pertama Kali dalam Sejarah Gagal Raih Medali

By Delia Mustikasari - Jumat, 6 Oktober 2023 | 00:30 WIB
Tim bulu tangkis putra Indonesia berpose menjelang perempat final Asian Games 2022 melawan Korea Selatan di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Jumat (29/9/2023). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Bulu tangkis Indonesia menorehkan catatan pahit dalam sejarah keikutsertaan pada Asian Games.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Asian Games, Indonesia gagal meraih medali dari cabang olahraga bulu tangkis.

Indonesia gagal meraih medali emas Asian Games pada 1986, dan 1990. Namun pada tiga edisi tersebut wakil Merah-Putih setidaknya masih mampu mengamankan medali perak atau perunggu.

Petaka pertama tim bulu tangkis Indonesia terjadi saat tim beregu putra dan putri Indonesia gagal mendulang medali karena terhenti pada perempat final Asian Games 2022.

Bertatus sebagai unggulan pertama, Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan yang mendapat bye kalah 1-3 dari Korea Selatan dan gagal ke semifinal.

Pada beregu putri, Indonesia ditaklukkan China, 0-3.

Indonesia dipastikan nihil medali setelah tiga wakil tersisa pada perempat final Asian Games 2022 kalah dari lawan masing-masing. 

Pasangan ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi wakil pertama yang gagal memastikan minimal raihan medali perunggu.

Bertanding di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Kamis (5/10/2023), ganda putra nomor satu dunia itu kalah dari Juara Olimpiade Tokyo 2020, Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan), 19-21, 18-21.

Berstatus ganda putra nomor satu dunia bukan menjadi jaminan Fajar/Rian melangkah mudah ke babak perebutan medali.