Asian Games 2022 Jadi Alarm Indonesia jelang Olimpiade Paris, Bulu Tangkis Tak Lagi Andalan tapi Jangan Dilupakan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 9 Oktober 2023 | 18:15 WIB
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, saat tampil pada babak perempat final Asian Games 2023 di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, Kamis, 5 Oktober 2023 (PBSI)

BOLASPORT.COM - Asian Games 2022 menghadirkan hasil campur aduk bagi Indonesia. Jika Olimpiade Paris 2024 menjadi tujuan, mau tidak mau Merah Putih harus berbenah.

Kontingen Indonesia menyelesaikan petualangan pada Asian Games 2022 yang rampung di Hangzhou, China, pada Minggu (8/10/2023) dengan raihan 36 medali.

Rombongan atlet dari Tanah Air membawa pulang 7 medali emas, 11 perak, dan 18 perunggu untuk menempati peringkat ke-13 dalam klasemen medali akhir.

Tanpa mengurangi hormat terhadap perjuangan keras para atlet yang bertanding, pencapaian ini sedikit meleset dari prediksi awal.

Sebelum berangkat ke Hangzhou, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengungkapkan target 12 medali emas dan peringkat 12 besar dalam klasemen medali.

Tak hanya soal jumlah, dari mana deretan prestasi tinggi berasal juga berada di luar dugaan.

Mengutip dari Kompas.id, Kemenpora memprediksi 12 emas datang dari bulu tangkis, perahu naga, jujitsu, kuras, karate, sepak takraw, panjat tebing, atletik, dan wushu.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) memperkirakan 12 emas dipersembahkan oleh bulu tangkis, dayung, sepak takraw, panjat tebing, angkat besi, wushu, dan karate.

Pada akhirnya, 7 emas Indonesia didapat dari menembak (2), wushu (1), balap BMX (1), panjat tebing (1), angkat besi (1), dan perahu naga (1).

Baca Juga: Klasemen Akhir Medali Asian Games 2022 - Indonesia Bawa 36 Medali, Jadi Terbaik Kedua Saat Bertandang ke Negeri Orang