Kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022 Dikukuhkan, Mimpi Tinggi Setelah di ASEAN Sudah Paripurna

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 15 Oktober 2023 | 05:00 WIB
Kontingen Indonesia untuk Asian Para Games 2022 dikukuhkan dalam upacara di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, 14 Oktober 2023. (ARDHIANTO WAHYU/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Momentum bagus dunia olahraga disabilitas Indonesia ingin diteruskan dengan mengejar prestasi di Asian Para Games Hangzhou 2022. Indonesia sudah siap untuk level lebih tinggi.

"Mungkin kawan-kawan nanti di Asian Para Games bukan sekadar hadir sebagai Indonesia, tetapi harus diingat bahwa kalian sudah tiga kali juara umum di ASEAN Para Games."

"Jadi kalian di sana sudah menjadi perwakilan nomor satu di Asia Tenggara," demikian salah satu bagian dari sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, dalam upacara pengukuhan.

Upacara pengukuhan dan pelepasan kontingen Indonesia untuk Asian Para Games 2022 berlangsung dengan khidmat dan meriah di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (14/10/2023).

Semangat yang ditunjukkan tim atlet dan pelatih membumbung tinggi setelah prestasi yang diukir dalam enam tahun terakhir.

Seperti diketahui, saat ASEAN Para Games Kamboja 2023 pada Mei lalu, Indonesia berhasil melanjutkan tradisi juara umum yang telah berlangsung sejak edisi 2017 di Kuala Lumpur dan 2022 di Solo.

Adapun saat menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 di Jakarta, tim Merah Putih menembus peringkat lima besar dengan torehan 37 medali emas, 47 perak, dan 51 perunggu.

Sementara saat bertandang ke Hangzhou, China, untuk edisi keempat dari Pesta Olahraga Disabilitas se-Asia, Indonesia akan mencoba untuk menembus peringkat 10 besar.

Angela Tanoesoedibjo selaku kepala kontingen atau Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022 melaporkan bahwa Indonesia menargetkan 19 emas.

Baca Juga: Asian Para Games 2022 - Olah-rasa Para Panahan Indonesia, Hanya Langit yang Menjadi Batas