Klasemen MotoGP 2023 Usai GP Indonesia - Francesco Bagnaia ke Puncak Lagi Bukan Sekadar Dewi Fortuna

By Wahid Fahrur Annas - Minggu, 15 Oktober 2023 | 15:31 WIB
Francesco Bagnaia merayakan podium tertinggi MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu, 15 Oktober 2023 (AGUNG KURNIAWAN/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, secara luar biasa berhasil merebut posisi pertama pada klasemen MotoGP 2023 dari Jorge Martin (Prima Pramac).

Bagnaia sukses meraih kemenangan usai start dari posisi ke-13 pada balapan yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu (15/10/2023).

Murid dari Valentino Rossi itu juga mencetak rekor apik lainnya yakni menjadi pembalap pertama yang menang di luar empat baris start terdepan sejak tahun 2006.

Start yang bagus juga dilakukan Bagnaia yang hanya beberapa putaran untuk menembus lima besar.

Meskipun laju Bagnaia ke barisan depan juga tak lepas dari keberuntungan atau diwarnai dewi fortuna.

Bagnaia mendapatkan keuntungan dari beberapa pembalap di depannya, mulai dari Luca Marini (Mooney VR46) yang terjatuh hingga hukuman long lap penalty yang didapat Brad Binder (KTM Red Bull).

Baca Juga: Hasil MotoGP Indonesia 2023 - Murid Terbaik Valentino Rossi Comeback Gila, Jorge Martin dan Marc Marquez Hancurkan Balapan Sendiri

Hingga puncaknya terjadi saat pesaing terdekat Bagnaia yakni Jorge Martin (Prima Pramac) terjatuh saat balapan menyisakan 15 lap.

Martin mengalami low side crash di tikungan 11 di saat sudah memimpin hampir 2 detik dari pembalap di belakangnya, Maverick Vinales (Aprilia Racing).

Bagnaia yang berada di posisi ketiga langsung naik ke posisi kedua dan semakin gencar memburu Vinales.