Respons Joan Mir Saat Frankie Carchedi yang Bantu Dia Jadi Juara Dunia 2020 Tangani Marc Marquez, 'Dia Akan Kerja Sepanjang Malam'

By Delia Mustikasari - Selasa, 17 Oktober 2023 | 13:00 WIB
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir saat berada di Paddock MotoGP Prancis 2022 (MOTOGP.COM)

 

BOLASPORT.COM - Pembalap Repsol Honda, Joan Mir, merespons mantan kepala krunya di Suzuki, Frankie Carchedi, yang akan bergabung dengan Marc Marquez di Gresini Ducati musim depan.

Mir memuji kinerja Carchedi setelah turut andil dalam keberhasilannya menjadi Juara Dunia MotoGP 2020 saat dia masih menjadi pembalap Suzuki.

Setelah bekerja di BSB (memenangkan gelar bersama Leon Camier pada 2009) dan ajang balap motor World Super Bike (WorldSBK), Carchedi tiba pada MotoGP sebagai kepala kru Karel Abraham di Aspar Ducati selama 2017-2018.

Carchedi selanjutnya mendapat peluang bekerja di tim pabrikan ketika ia bekerja sama dengan Mir dari musim debut pembalap Spanyol itu di Suzuki.

Duet Mir dan Carchedi ini kemudian merayakan kejayaan kejuaraan dunia pada musim kedua mereka bersama, mahkota kelas premier pertama Suzuki sejak 2000.

Namun, ketika proyek Suzuki ditutup pada akhir tahun lalu  tepatnya saat Mir dan Carchedi telah meraih satu gelar, satu kemenangan, dan 13 podium bersama-sama, Mir bergabung ke Repsol Honda dan Carchedi kembali ke Ducati melalui Gresini.

Ada desas-desus bahwa Mir telah berusaha keras untuk mencoba dan mendapatkan Carchedi bersamanya di Honda.

Sebaliknya, Mir awalnya berpasangan dengan Ramon Aurin selama debut RCV-nya pada tes di  Valencia, sebelum Giacomo Guidotti turun tangan dari Sepang dan seterusnya.

Sementara itu, pembalap yang saat ini satu tim dengan Mir kini akan bekerja dengan Carchedi pada 2024.

"Saya selalu menyukai Frankie. Kami memiliki banyak kenangan indah bersama dan saya menyukai cara dia bekerja," kata Mir dilansir dari Crash.