MotoGP Australia 2023 - Kendala Logistik dari Mandalika ke Phillip Island, Pembukaan Paddock Tim Tertunda

By Delia Mustikasari - Rabu, 18 Oktober 2023 | 10:15 WIB
Sirkuit Phillip Island, Australia. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Seri balap MotoGP ke-16, MotoGP Australia 2023 akan digelar di Sirkuit Phillip Island, 20-22 Oktober.

Namun, ada masalah yang menghinggapi karena kendala logistik. Akibatnya paddock di Phillip Island, Australia tidak akan dibuka untuk tim pada Rabu (18/10/2023) pukul 12.00 waktu setempat.

Seperti diberitakan speedweek, paddock tim baru bisa dibuka pada Kamis (19/10/2023), pukul 08.00 pagi waktu setempat. Penyebabnya, ada satu kargo jumbo masih mengudara.

Kondisi ini sudah diperkirakan sejak awal setelah ada tujuh balapan GP luar negeri (di luar Eropa) dalam waktu sembilan minggu.

Jadwal balapan MotoGP yang padat dalam tur Asia tidak hanya akan menghadirkan tantangan besar bagi tim dan pembalap, tetapi logistik Dorna selaku penyelenggara MotoGP juga akan menghadapi ujian berat.

Pasalnya, selama banyak Grand Prix dalam tiga akhir pekan berturut-turut, empat kargo jumbo harus diangkut dari satu venue balapan ke venue balapan berikutnya.

Kargo ini mengangkut material dari pulau Lombok ke Melbourne, Australia dan kini menjadi tantangan tersendiri karena truk Gibson Freight harus mengangkut kotak-kotak pengangkutan selama sekitar tiga jam ke Cowes di Phillip Island.

Pada Selasa (17/10/2023) tim GP diberitahu oleh asosiasi tim IRTA (Asosiasi Tim Balap Motor Internasional) dan Dorna bahwa ada penundaan dalam operasi pengangkutan antara Mandalika dan Phillip Island.

Beberapa barang baru akan tiba di paddock di Sirkuit Phillip Island hingga Rabu malam.

Oleh karena itu, paddock untuk tim MotoGP tidak akan dibuka pada Rabu siang.